Jadi Tuan Rumah, Klub Renang di Pasuruan Mentok Peringkat Tiga

PURWOSARI – Roeslan Saygon Cup, untuk pertama kalinya digelar tahun ini. Selama dua hari (28-29/7), ajang regional itu digelar di kolam renang internasional Olympic, Saygon Waterpark, Pucangsari, Purwosari.

Roeslan Saygon Cup merupakan kejuaraan renang kelompok umur se-Jatim yang diikuti sejumlah perkumpulan klub renang. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 46 klub ikut ambil bagian dalam turnamen itu.

Sejumlah perkumpulan renang dari luar Pasuruan ikut turun. Mulai dari Gresik, Malang, Surabaya, Probolinggo, Mojokerto, Bangkalan, Kediri. Lalu, Sidoarjo, Batu, Madiun, dan sejumlah daerah lain di Jawa Timur.

“Ada 272 nomor perlombaan yang dipertandingkan dalam kejuaraan ini. Mulai kelompok umur kelahiran tahun 2002 – 2009 baik putra dan putri,” jelas ketua penyelenggara Rusti Widayati.

Dari ratusan nomor yang dipertandingan itu, juara umum berhasil disabet tim Petrokimia, klub asal Gresik. Petrokimia berhasil menyabet 40 emas, 22 perak, dan 34 perunggu.

Peringkat kedua diraih MNA, klub asal Kota Surabaya dengan torehan 17 emas, 9 perak, dan 5 perunggu. Sementara salah satu tim tuan rumah Tiger AC, dari Kabupaten Pasuruan nangkring di peringkat ketiga. Yakni, menyabet 11 emas, 13 perak, dan 11 perunggu.

“Sengaja kami gelar kejuaraan ini untuk mencari dan mengasah bibit muda atlet renang di Jatim. Termasuk di Kabupaten Pasuruan. Rencana ke depan akan digelar tiap tahun,” jelas Rusti. (zal/mie)


AJANG PERDANA: Salah satu nomor yang dipertandingkan di ajang Roeslan Saygon Cup yang digelar 28-29 Juli. (Rizal F. Syatori/Jawa Pos Radar Bromo)