Diklarifikasi soal Video Azan, Sukur Minta Maaf dan Baca Syahadat

MENGAKU SALAH: Sukur menandatangani surat pernyataan bersalah dan tak akan mengulang perbuatannya disaksikan Kapolres Probolinggo AKBP Fadly Samad, Selasa (31/7). (Arif Mashudi/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PAJARAKAN – Kontroversi beredarnya cuplikan video lawakan Sukur, pelawak asal Maron, Kabupaten Probolinggo langsung direspons. Selasa (31/7), Sukur langsung diklarifikasi terkait beredarnya video saat ia menggunakan azan sebagai bahan lawakannya itu.

Di hadapan Polres Probolinggo dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Probolinggo, Sukur mengaku salah. Ia pun menandatangani surat pernyataan permintaan maaf.

Sejumlah pihak hadir dalam pertemuan di ruang K3I Mapolres Probolinggo. Di antaranya ada MUI dan FKUB, termasuk Kapolres AKBP Fadly Samad.

Setelah mengakui kesalahannya, Sukur mendapatkan pembinaan dari MUI dengan membaca syahadat tiga kali. Dia juga menandatangani surat pernyataan tidak akan mengulang perbuatannya.

Sukur mengaku datang ke Mapolres untuk mengklarifikasi video azan yang dianggap tidak pantas dan menghina agama. Meski video aslinya jauh berbeda dengan video yang sudah dipotong dan viral itu. Katanya, video aslinya ada audio dan skenario pembelajaran. Namun, ia mengaku sadar azan dan agama tidak bisa dibawa ke dalam guyonan.

“Saya minta maaf pada Kapolres, MUI, dan semua masyarakat, khususnya umat Islam. Atas keteledoran dan ketidak hati-hatian saya membuat video. Saya mohon maaf. Saya pemeran seninya. Kalau pembuat atau produsernya bukan saya. Saya dibayar buat pemerannya,” ujarnya.

AKBP Fadly Samad mengatakan, ini merupakan tindakan aktif bersama MUI dan FKUB untuk menindaklanjuti viralnya video lawakan Sukur. Dari keluhan masyarakat, seakan-akan Sukur mempermainkan azan.

Hasilnya, ternyata video itu potongan dari video aslinya. Video versi full niatnya memberikan pelajaran, bahwa ada hal azan yang mengurangi makna dan pahalanya. “Tapi, yang tersebar malah penggalannya. Seakan-akan di video potongan itu Sukur mempermainkan azan,” ujarnya.

Diketahui, video Sukur yang sedang azan viral di media sosial. Dalam video itu, terlihat Sukur sedang azan. Nah, ketika mengumandangkan takbir, Sukur tak melanjutkan dengan kata “Akbar,” hanya cukup di “Allahu.” Mendapati itu, temannya menegurnya. Namun, ternyata Sukur menambah kata “Akbar” pada kalimat syahadat. (mas/mie)