Pamerkan Foto Calon Istri Kedua ke Istri, Akibatnya Begini

PERILAKU Tole (nama samaran), 45 ini benar-benar kebangetan. Warga Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, ini suka menunjukkan foto perempuan lain yang diakuinya akan ia jadikan sebagai istri kedua atau madunya kepada sang istri sebut saja Minthul, 45 (juga nama samaran).

Tentu saja hal itu membuat Minthul sakit hati dengan kelakuan suaminya tersebut. Kelakuan sang suami yang tidak berperasaan itu membuat Minthul kecewa. Karena itu, tak ada jalan lain bagi dirinya kecuali menggugat cerai Tole ke Pengadilan Agama Bangil.

Minthul mengatakan, selama menikah ia sudah menerima Tole apa adanya. Termasuk penghasilan Tole yang dinilai pas-pasan dan tidak berlebih. “Padahal, buruh pabrik ya pas-pasan. Gitu gaya banget pengen nambah istri lagi. Mulanya dia hanya bercanda, ternyata kejadian betulan,” jelasnya.

Pernikahan mereka yang sudah berjalan hampir 20 tahun, terpaksa kandas. Padahal, dari pernikahan itu, keduanya sudah memiliki 3 anak. Kondisi ini banyak disayangkan oleh keluarga besar keduanya.

Dari awal menikah, Minthul memang hanya sebagai ibu rumah tangga. Sehingga, Tole menjadi tulang punggung keluarga. Penghasilan sebagai buruh pabrik memang pas-pasan, apalagi mereka selama ini juga harus menghidupi kedua orang tua Tole. Bahkan, mereka belum memiliki rumah sendiri dan masih numpang di rumah orang tua Tole. Sembari merawat kedua orang tua Tole yang sudah renta.

Selama menikah, Tole dikatakan memang tak macam-macam. Termasuk tidak pernah ketahuan selingkuh. Namun, hal aneh mulai berbeda 5 tahun terakhir. Ini, lantaran Tole tiba-tiba suka menunjukkan foto perempuan lain dengan alasan ingin menjadikan istri muda.

“Memang gak langsung terang-terangan, tapi tujuannya ke situ. Awalnya kasih foto perempuan muda. Katanya kasihan sudah janda, terus kapan lagi cerita temannya ada yang nikahin janda. Jadi, saya mikir mulai ada indikasi Tole pengen nikah lagi,” jelasnya.

Tak sekali dua kali Tole menunjukkan foto perempuan lain dari hape-nya. Minthul mulanya enggan mengomentari. Bahkan, komentar bercanda saja malas. Minthul hanya pernah mengancam bahwa Tole jangan macam-macam. “Saya bilang gak usah aneh-aneh. Gaji pas-pasan gak usah mikir macem-macem,” jelasnya.

Namun, 2 tahun terakhir ini, Tole dikatakan intens memberi tanda ingin menikah lagi. Indikasinya, Tole rutin menunjukkan foto perempuan lain bahkan sudah terang-terangan ngomong ingin dijadikan madu. Setiap ngomong begitu, Minthul mengaku langsung marah dan mengakibatkan pertengkaran.

Belakangan, niatan Tole itu benar-benar terjadi. Tole mengaku serius, bahkan berniat segera mengenalkan sang madu ke Minthul. “Saya langsung ngamuk dan enggan memberikan izin dia (Tole) nikah lagi. Tapi, kata dia, sudah terlanjur berjanji. Perempuan yang diajaknya menikah mengaku sudah mau dinikahi,” jelasnya.

Akibatnya, pertengkaran besar pun terjadi. Karena ogah ada perempuan lain dalam rumah tangganya, Minthul memilih minggat. “Saya benar-benar sakit hati. Percuma juga diteruskan pernikahan ini,” katanya. (eka/mie)


Ilustrasi (Achmad Syaifudin/Jawa Pos Radar Bromo)