Batas Pengembalian Berkas Rampung, KPU Teliti Ulang Berkas Bacaleg

KRAKSAAN – Batas waktu perbaikan berkas syarat bakal calon legislatif (bacaleg) 2019, telah berakhir, Selasa (31/7). Namun, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo belum dapat memastikan sejauh mana kelengkapan berkas para bacaleg. KPU masih akan meneliti ulang berkas persyaratan 577 bacaleg dari 14 partai politik (parpol) itu.

Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Muhamad Zubaidi mengatakan, sampai Selasa siang masih ada sejumlah parpol yang belum menyerahkan berkas perbaikan syarat bakal calon yang belum lengkap.

Pihaknya masih menunggunya hingga batas akhir pengembalian berkas perbaikan. “Sampai siang ini (Selasa) masih ada yang belum mengembalikan berkas perbaikan. Tapi, kami tunggu sampai nanti,” katanya.

Zubaidi mengaku, belum bisa memastikan para bacaleg yang sudah memenuhi syarat atau belum lengkap. Sebab, pihaknya masih akan melakukan verifikasi dan meneliti berkas perbaikan yang diserahkan parpol.

“Kami masih mau neliti dulu berkas syarat calon hasil perbaikan itu. Apakah sudah lengkap atau belum,” katanya.

Selanjutnya, kata Zubaidi, pihaknya akan menetapkan daftar calon sementara (DCS) bagi para bacaleg yang telah melengkapi berkas persyaratan calon atau memenuhi syarat. Kemudian, akan diumumkan pada masyarakat sesuai nama, alamat, dan dari parpol apa.

Tujuannya, agar masyarakat mengetahui dan ikut memberikan tanggapan terkait para DCS. “Nanti dari hasil tanggapan itu, akan divalidasi dan saat sudah tidak ada tanggapan, baru ditetapkan sebagai daftar calon tetap,” ujarnya. (mas/rud/mie)


Gambar adalah ilustrasi (Dok. Jawa Pos Radar Bromo)