Ecer Pil Kucing, Nelayan asal Panggungrejo Diringkus

PANGGUNGREJO – Rencana M Towil, 30, untuk mendapat penghasilan tambahan, akhirnya buyar. Nelayan asal Kelurahan/Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan, itu justru harus mendekam di balik sel Mapolsek Gadingrejo. Itu, setelah dirinya ditangkap oleh polisi lantaran diduga mengedarkan obat-obatan terlarang, Selasa (31/7) malam lalu.

Sebelumnya, petugas Unit Reskrim Polsek Bugul Kidul menyelidiki adanya transaksi obat keras di kawasan pelabuhan. Hasilnya, petugas mendapati seorang pemuda yang mengaku telah membeli lima butir pil Trihexyphenidyl dari pelaku. “Namun, transaksinya tak dilakukan secara langsung. Melainkan melalui perantara,” ungkap Kapolsek Bugul Kidul Kompol Maryono.

Setelah itu, penyelidikan dilakukan terhadap pelaku sendiri. Tak lama kemudian, keberadaan pelaku berhasil diendus petugas. Ia ditangkap saat berada di sebuah warung kopi di Jalan Kalimantan, Kelurahan Trajeng, sekira pukul 22.00. Kala itu, pelaku memang membawa sebuah tas cangklong.

Petugas pun menggeledah tas tersebut dan ditemukan sejumlah barang bukti. Di antaranya 60 butir pil Trihexyphenidyl yang disimpan dalam bungkus rokok, uang tunai senilai Rp 460 ribu, dan sebuah ponsel milik pelaku.

“Pelaku kemudian kami amankan ke mapolsek. Namun, setelah kami koordinasikan dengan Satresnarkoba akhirnya perkara ini kami limpahkan ke Polsek Gadingrejo untuk proses sidik. Karena TKP penangkapannya berada di wilayah hukum Polsek Gadingrejo,” jelas Maryono.

Sementara itu, Kanitreskrim Polsek Gadingrejo Iptu Eko Agus Susanto mengatakan, pihaknya tengah memproses pelaku. Ia menyebut jika pelaku saat ini sudah ditetapkan sebagai tersangka. “Ia dijerat dengan Pasal 197 subsider 196 UU 36/2009 tentang Kesehatan. “Namun, kami juga melakukan pengembangan terhadap pelaku lain,” tandasnya. (tom/fun)