Edarkan Pil Koplo, Warga Patokan Kraksaan Diciduk

KRAKSAAN – Lama menjadi target operasi Polsek Kraksaan, Polres Probolinggo, Abdul Gani, 35, warga Kelurahan Patokan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, akhirnya berhasil dibekuk. Minggu (5/8) lalu, tersangka dibekuk tak jauh dari rumahnya di Kelurahan Patokan.

Kapolsek Kraksaan Kompol Joko mengatakan, tersangka sudah lama menjadi target operasi kasus peredaran atau penjual pil koplo. Namun, pihaknya baru berhasil menangkapnya minggu lalu, sekitar pukul 13.25. Saat itu, tersangka diduga hendak transaksi mengedarkan pil.

“Kami sudah lama melakukan penyelidikan. Karena laporan dari masyarakat, tersangka yang punya satu anak ini sangat meresahkan. Dia suka mengedarkan pil pada remaja,” katanya (6/8).

Joko mengatakan, tersangka tidak dapat mengelak saat hendak diamankan. Sebab, dari tangannya polisi juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti. Berupa 162 butir pil warna putih logo Y jenis Threx, 744 butir pil warna kuning logo huruf DMP jenis Dextro, dan uang Rp 190.000. “Tersangka dikenakan pasal 196 subsider pasal 197 UU Nomor 36/2009 tentang Kesehatan,” ujarnya.

Joko mengatakan, tersangka masih dalam pemeriksaan untuk proses pengembangan. Sebab, pihaknya ingin pengedar ataupun pemasok pil yang diduga dari luar daerah juga berhasil diringkus. “Diduga ada pengedar pil yang lebih besar selain tersangka Gani,” ujarnya. (mas/rud/mie)