4 Anggota DPRD Mundur, PKB Ancang-ancang PAW

KRAKSAAN – Sejauh ini ada empat anggota DPRD Kabupaten Probolinggo dari Fraksi PKB yang mengajukan surat pengunduran diri sebagai anggota DPRD. Namun, sampai sejauh ini DPC PKB Kabupaten Probolinggo belum mengajukan usulan Pergantian Antarwaktu (PAW) terhadap empat dewan yang telah membelot ke partai politik lain itu.

DPC PKB beralasan masih menunggu penetapan dan pengumuman daftar calon sementara (DCS). Maklum, keempat anggota yang mundur itu kini mencalonkan lagi melalui partai lain.

Keempat anggota Fraksi PKB itu dipastikan pindah ke partai Nasdem. Di antaranya, A Musayyib Nahrowi; Rika Aprilia Wijayanti; Nahrawi; dan Sofatur Rohmiah. Kini, mereka masih tercatat sebagai anggota DPRD Kabupaten Probolinggo.

Sekretaris DPC PKB Kabupaten Probolinggo Hanafi mengaku, sudah mengetahui pindahnya keempat dewan dari Fraksi PKB. Pihaknya juga telah menyiapkan usulan PAW untuk mereka. Pengganti keempat dewan itu juga caleg 2014 yang masih aktif sebagai anggota PKB.

Musayyib akan digantikan Moh. Firdaus; Rika digantikan Panut; Sofatur Rohmiah digantikan M. Fayumi; dan Nahrawi akan diganti oleh Hendri. “Pengganti Musayyib bukan suara tertinggi sesudah Musayyib. Moh. Firdaus itu calon nomor 6 yang aktif. Sedangkan yang lain sudah tidak menjadi anggota PKB,” ujarnya.

Sedangkan, Sekretaris DPRD Kabupaten Probolinggo Supriadi mengaku, hanya menerima surat permintaan penundaan proses PAW oleh Musayyib melalui penasihat hukumnya. Sebab, ada perkara perdata yang tengah diajukan ke PN Kraksaan. “Kalau surat pengajuan usulan PAW dari PKB belum ada,” ujarnya.

Di sisi lain, Ketua Bappilu DPD Partai Nasdem Kabupaten Probolinggo Supoyo membenarkan, dari 50 bacaleg-nya ada nama Sofatur Rohmiah. Sebelumnya, dia merupakan anggota DPRD dari Fraksi PKB. “Sofa mendaftar caleg lewat Nasdem,” katanya (8/8).

Supoyo mengatakan, semua bacaleg dari Partai Nasdem telah melengkapi berkas syarat calon. Termasuk, caleg yang baru pindah ke Partai Nasdem.

“Kami optimistis 50 bakal caleg yang daftar dapat meraih 24 kursi legislatif di Kabupaten Probolinggo,” ujarnya. (mas/rud/mie)