Agustina Dieksekusi, Begini Respons Partai Berkarya

PASURUAN-Dieksekusinya Agustina Amprawati direspons Partai Berkarya yang kini menjadi tempatnya bernaung. Ketua DPD Partai Berkarya Mochammad Rumlatif menyerahkan sepenuhnya proses hukum tersebut pada Kejari. Ia juga mengapresiasi langkah Agustina yang memenuhi panggilan tersebut.

“Saya kira setiap WNI yang baik itu harus taat hukum. Kami serahkan semua pada proses hukum yang sedang berjalan,” katanya. Penahanan itu, menurut Rumlatif tidak berpengaruh pada status Agustina sebagai kader. “Sepanjang hak politiknya tidak dicabut dan di internal partai dia baik-baik saja, ya kami wellcome,” tegasnya.

Diketahui, nama perempuan berusia 57 tahun itu kembali mencuat setelah tercatat dalam rekapitulasi daftar nama bakal calon anggota legislatif (bacaleg) di DPRD Kota Pasuruan. Agustina maju sebagai bacaleg dari Partai Berkarya di Dapil 3 Purworejo.

Namun, di tengah proses verifikasi, Partai Berkarya mencoret nama Agustina dalam daftar bacaleg-nya. Rumlatif saat itu mengatakan, pertimbangannya mencoret Agustina salah satunya karena ada beberapa berkas yang belum dipenuhi.

Agustina yang terjerat kasus suap 13 oknum PPS pun akhirnya dieksekusi. (tom/rf)