Terbiasa Mengajar dengan Menggambar, Angkat Cerita di Kelas

Berbekal kebiasaan mengajar sambil menggambar, Henni Kusumaning Fitri, dipilih mewakili TK Barunawati, mengikuti lomba PAUD Award 2018 Kota Probolinggo. Dia mengambil judul Saling Menyayangi untuk cerita bergambar yang dibuatnya.

RIDHOWATI SAPUTRI, Probolinggo

Menggambar bagi Henni Kusumaning Fitri, bukan hal baru. guru TK Barunawati itu, kerap menggunakan metode bercerita saat mengajar di kelas. Bahkan, tidak jarang ketika bercerita itu, Henni secara refleks menggambar isi cerita di papan tulis.

Kebiasaan Henni ini, membuat TK Barunawati memilihnya mewakili sekolah dalam lomba PAUD Award 2018 Kota Probolinggo. Apalagi, PAUD Award yang memasuki tahun ke empat ini, melombakan cerita bergambar orisinil atau karya peserta.

“Sebenarnya saya tidak pernah menyusun tulisan berupa cerita bergambar ini. Tapi, kepala sekolah tahu kebiasaan saya bercerita sambil menggambar di papan. Akhirnya dipilih,” ujarnya.

Untuk proses pembuatan cerita bergambar, Henni membutuhkan waktu kurang lebih 2 minggu. “Saya mengerjakan setiap hari Minggu saja. Soalnya itu hari yang longgar. Selain Minggu, saya sibuk memberi les,” ujarnya.

Untuk proses pewarnaan, Henni menggunakan pensil warna. “Gambar saya ini tokoh-tokohnya banyak. Jadi, ukurannya kecil. Dalam satu lembar bisa lima sampai enam tokoh,” ujarnya.

Karena menampilkan banyak tokoh, pewarnaan menurutnya lebih mudah menggunakan pensil warna. “Kalau pakai krayon, bisa meluber warnanya,” ujarnya.

Dalam karyanya, Henni mengangkat cerita sehari-hari di sekolah. Dia mengambil judul Saling Menyayangi.

“Ceritanya lebih menekankan pada sikap saling menyayangi. Bagaimana sesama teman saling menjaga untuk tidak menyakiti,” lanjutnya.

Dalam cerita ini, Henni menggunakan kisah-kisah dari muridnya di sekolah. Termasuk penggunaan nama tokoh-tokohnya. “Jadi, ceritanya lebih mengena pada keseharian siswa,” katanya.

Bagi Henni, keikutsertaannya dalam PAUD Award tidak lain untuk mengukur kemampuannya mengajar TK. “Harapannya, bisa membawa nama lembaga yaitu TK Barunawati dalam lomba pendidikan. Sebelumnya, kami beberapa kali masuk nominasi lomba, tapi untuk kegiatan olahraga,” jelasnya. (hn)