Kapten Faruq Cetak Hattrick, Persekabpas Menang

IMPRESIF: Kapten tim Persekabpas Muhammad Faruq melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Bali Poetra. Ia mencetak hattrick bagi The Lassak dalam laga tersebut. (Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

BANGIL – Hasil impresif ditunjukkan arek-arek Persekabpas Pasuruan. Menghadapi Blitar Poetra di Stadion R Soedarsono, Pogar, Bangil, Sabtu (11/8), anak asuh Kasiyanto ini memungkasi laga dengan kemenangan 3-1. Tiga gol The Lassak semuanya dilesakkan kapten tim Muhammad Faruq.

Kemenangan itu membuat Persekabpas memuncaki daftar klasemen sementara grup 1 di Liga 3 Zona Jatim. Perlawanan Blitar Poetra yang posisinya tergeser Persekabpas sejatinya cukup merepotkan. Bahkan tim tuan rumah ini harus kebobolan di menit awal setelah pemain belakang laskar sakera kesalahan umpan.

Kondisi itu, dimanfaatkan oleh pemain lawan Mochamad Fiqi Miftakhi dengan perlawanan satu lawan satu dengan penjaga gawang Persekabpas. Akibatnya lewat tendangan kaki kanan mampu membuahkan gol buat Blitar Poetra di menit ke 13.

Tertinggal 1 angka di awal pertandingan, membuat Persekabpas down. Bahkan sampai hampir setengah pertandingan babak pertama, tim sakera kesulitan untuk mengembangkan permainan. Termasuk tendangan bebas di menit ke 26 tak mampu dimanfaatkan oleh tim persekabpas.

Kondisi itu membuat Kasianto memutar otak. Ia lantas mengurangi jatah layout. Namun akhirnya setelah merubah formasi tim, di setengah babak pertama, tim asuhan Kasianto ini mulai bermain menyerang. Terbukti menit ke 36, lewat umpan dari Pa’at, Kapten Faruq berhasil membobol tim lawan lewat tendangan tendangan baik itu.

Gol penyeimbang ini, membuat Faruq dkk menjadi lebih bersemangat.

Dengan terus menyerang, di menit-menit akhir babak pertama, Persekabpas mampu membuktikan keunggulan menjadi 2-1 lewat sundulan. Sehingga sampai turun minum, Persekabpas mampu memimpin skor.

Di Babak kedua, sempat tertinggal skor, Blitar Poetra mulai bermain lebih agresif. Bahkan pelatih Rudi Hariantoko sampai harus mengganti 3 pemain. Beberapa kali Blitar Poetra mendapatkan kesempatan emas, sayangnya tidak membuahkan gol.

Di sepanjang pertandingan babak dua, kedua tim bermain sama-sama menyerang.

Keberuntungan kembali berpihak pada Persekabpas lewat umpah dari Misbahul Huda, Faruq kembali menghasilkan gol ketiganya lewat tendangan langsung di depan arah gawang pada menit 57. Sehingga Persekabpaspun berhasil memimpin skor 3-1

Namun sampai peluit panjang dibunyikan, skor tetap bertahan di 3-1 dan memastikan kemenangan Persekabpas sekaligus menjadi juara grup 1 pada Liga 3 Zona Jatim. Ia mengakui keunggulan tim tuan rumah. Dikatakan tim asuhannya memang tidak dalam kondisi terbaiknya. Namun diakui tim Persekabpas bermain luar biasa.

“Mungkin ini klimaksnya dari akumulasi pertandingan kemarin, setelah di dua pertandingan sebelumnya kita bermain maksimal. Sehingga di pertandingan hari ini (kemarin) sudah tinggal capeknya,” jelasnya.

Kasianto, Pelatih Kepala Persekabpas mengatakan puas dengan pertandingan ini. Kemenangan Persekabpas lantaran tim bermain kompak dan mampu mematuhi arahan pelatih. Diakui bahwa Persekabpas memang sempat kurang berkembang permainnya pada awal pertandingan.

“Sempat kebobolan 1-0, sehingga kita merubah strategi dari 4 1 4 1 menjadi 4 2 3 1, dan terbukti berhasil membuat gol,” jelasnya.

Suryono Pane, manager Tim Persekabpas mengaku puas karena ada dalam 3 kali pertandingan terakhir, tim mampu memberikan permainan yang terus meningkat dan angka skor yang bagus.

“Permainan semakin lama semakin bagus, kekompakkan juga makin bagus. Ini terlihat dalam 3 kali pertandingan terakhir skor yang dicapai juga bagus,” jelasnya. Dengan hasil juara grup ini, Persekabpas langsung mempersiapkan ke tahap selanjutnya yaitu semifinal liga 3 zona Jatim. (eka/rf)