Ketua Bawaslu Kabupaten Pasuruan Terpilih

PURWOREJO – Setelah pelantikan Bawaslu daerah se-Indonesia, Rabu (15/08), rapat pleno digelar di Bawaslu Kabupaten Pasuruan, Sabtu (18/08). Hasilnya, M. Nasrup ditetapkan sebagai ketua Bawaslu kabupaten sampai periode 2023.

Nasrup mengatakan, setelah pelantikan di Jakarta, Bawaslu pusat memang mengimbau Bawaslu daerah agar segera melakukan rapat pleno. Tujuannya, menentukan tugas komisioner dan ketua Bawaslu.

“Di Kabupaten Pasuruan, rapat pleno kami gelar di kantor Bawaslu, Sabtu lalu. Rapat pleno dihadiri lima komisioner yang sudah dilantik,” jelasnya.

Selama rapat pleno, lima komisioner itu melakukan musyawarah mufakat untuk menentukan tugas masing-masing. Hasilnya, Koordinator Divisi (Kordiv) SDM dan Organisasi yaitu Puji Mulyono, Kordiv Pengawasan Hubungan antar Lembaga (PHL) adalah Titin Wahyuningsih.

Lalu, Kordiv Hukum yaitu Hari Moerti, Kordiv Penindakan adalah M. Nasrup, dan terakhir, Kordiv Sengketa yaitu Misbahul Munir.

Rapat pleno juga memilih ketua Bawaslu Kabupaten Pasuruan. M.Nasrup akhirnya dipilih sebagai ketua yang sebelumnya menjabat sebagai Komisioner Panwaslih Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran (HPP) Kabupaten Pasuruan.

Saat ini, menurut Nasrup, komisioner Bawaslu langsung melakukan tugas di divisi masing-masing. Termasuk untuk persiapan dan pengawasan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden pada 2019.

“Setelah dilantik langsung bekerja untuk Pileg dan Pilpres. Termasuk sudah langsung melakukan pengawasan,” jelasnya. (eka/hn)