Polemik Pawai Bercadar-Tenteng “Senjata”, Kepala TK Kartika Dicopot

PROBOLINGGO-Kontroversi pawai HUT RI yang ditampilkan bocah-bocah TK Kartika V-69, dengan mengenakan cadar dan menenteng senjata terus berbuntut. Dinas pendidikan, pemuda dan olahraga (Disdikpora) akhirnya mencopot jabatan Hartatik sebagai kepala sekolah yang dibawah naungan Kodim 0820 itu. Hartatik selanjutnya ditarik ke kantor disdikpora.

Pencopotan kasek itu dilakukan sebagai bentuk sanksi yang diberikan. Terhadap kelalaian tugas sang kepsek. Hal itu dinilai fatal lantaran membuat presepsi adanya ekspolitasi serta penanaman radikalisme terhadap anak TK Kartika V-69 pada saat pawai budaya Sabtu lalu (18/8).

Pencopotan kepala TK Kartika itu diungkapkan oleh Kepala Disdikpora, Muhammad Maskur, Rabu (22/8) sore. Menurutnya, pencopotan itu telah melalui sejumlah kajian. Yang utama, lantaran dinilai lalai.

“Untuk pawai yang telah dilakukan, tak ada unsur kesengajaan. Atau bahkan sampai adanya pemahaman radikaliesme kepada anak-anak. Akan tetapi karena ada kelalaian disana, maka penarikan ini sebagai sangsi kepada kepala sekolah,” terangnya.

Mulai Kamis, (23/8) Hartatik tak bertugas lagi ke sekolah. Ia akan langsung bertugas sebagai staf di Disdikpora. “Disini nantinya sebagai staf biasa seperti lainya,” tambahnya.

Pria yang akrab disapa Maskur itu menegaskan sanksi yang diberikan kepada ASN beragam.  “Untuk masalah ini, saya rasa tidak terlalu berat. Sehingga, sanksi yang diberikan juga menyesuaikan. Tak sampai pemberhentian atau tak boleh menjadi kepala sekolah lagi. Makanya, kami masih lihat perkembangan selanjutnya,” tambahnya.

Lalu, siapa pengganti Hartatik sebagai kepala di TK Kartika V-69? Sejauh ini, disdikpora masih berkoordinasi dengan pihak yayasan.

Sementara itu, Hartatik mengaku menerima sanksi itu. “Kalau untuk masalah mutasi, besok (Kamis) saya masih diberikan waktu untuk pamit. Kalau memang itu sanksi kedinasan, tak masalah. Yang jelas, jujur dari lubuk hati tak ada unsur kesengajaan bahkan menanamkan paham radikalisme,” bebernya.  (rpd/mie)