DLHKP Tempuh Jalur Hukum setelah CPU-Monitor Backhoe Dicuri

ADA YANG DICURI: Backhoe milik Dinas Lingkungan Hidup dan Pertamanan yang biasa beroperasi di TPA Blandongan. Peralatan berupa CPU-monitor di backhoe milik Pemkot Pasuruan tersebut baru saja dicuri. (Dok. Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PANGGUNGREJO – Aksi pencurian sepasang monitor dan CPU Backhoe di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Blandongan, Kelurahan Blandongan, Kecamatan Bugulkidul membuat Pemkot Pasuruan geram. Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Petamanan (DLHKP) menempuh jalur hukum.

Kepala DLHKP Kota Pasuruan, Rudiyanto mengungkapkan pihaknya sudah melaporkan peristiwa ini pada Polresta Sabtu lalu (25/8). Pasalnya, DLHKP ingin pelakunya tertangkap dan diproses menurut aturan hukum yang berlaku.

“Kami belum bisa berkomentar banyak. Yang jelas pelakunya harus ditangkap. Karena perbuatannya sudah merugikan banyak orang. Yang hilang adalah aset Pemkot,” katanya.

Jawa Pos Radar Bromo sudah berusaha meminta keterangan dari sentra pelayanan kepolisian (SPK) Polres Pasuruan Kota terkait peristiwa ini. Namun, Polres Pasuruan Kota menyebut tidak ada satupun laporan yang masuk pada Sabtu lalu (25/8).

Pun demikian di Polsek Bugulkidul. Kapolsek Bugulkidul, AKP Maryono menyebut pihaknya belum menerima laporan adanya aksi pencurian di TPA Blandongan.

Kendati demikian, ia memastikan jika Polsek akan tetap menelusuri peristiwa pencurian tersebut. Namun, ia berharap agar DLHKP tetap melaporkan peristiwa ini pada pihak berwajib. Sehingga, Korps Bhayangkara memiliki dasar untuk penanganannya seperti kronologi, waktu, barang yang hilang dan saksi yang pertama kali mengetahui peristiwa ini.

“Tentunya kami akan tetap menyelidiki. Cuma, DLHKP harus tetap melapor. Benda yang hilang kan aset milik Pemkot. Kalau tidak ada laporan masuk, kami kesulitan untuk memprosesnya,” terang Maryono.

Seperti diketahui, sebuah aksi pencurian terjadi di TPA Blandongan kamis lalu (23/8). Sepasang monitor dan CPU yang dipasang di dua buah Backhoe hilang. Dalam melakukan aksinya, pelaku sempat memotong kabel CPU dan merusak kunci Backhoe. (riz/fun)