Overload, Truk Tak Kuat Menanjak lalu Terguling di Pandaan

PANDAAN–Gara-gara kelebihan muatan, sebuah truk yang mengangkut limbah afalan tak kuat melewati jalur agak menanjak. Truk lalu terguling di ruas jalan nasional Surabaya-Malang, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Selasa pagi (28/8).

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan itu. Namun, sejak pukul 06.00, arus lalu lintas di ruas jalan nasional jurusan Surabaya – Malang agak tersendat.

Truk itu dikemudikan Dino Valentino, 42, asal Jetis, Kabupaten Mojokerto. Saat itu, truk melaju dari utara ke selatan. Sesampainya di lokasi kejadian, saat melewati posisi jalan agak miring dan sedikit menanjak, truk tiba-tiba oleng ke kiri.

Tak lama kemudian, lalu terguling.Truk terguling tepat di depan Mapolsek Pandaan, Kelurahan Petungasri, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

“Truk engkel terguling sendiri. Ini, terjadi akibat kelebihan muatan berupa anfalan,” tutur Kanit Lantas Polsek Pandaan Iptu Supriyanto.

Beruntung, saat kejadian berlangsung, arus lalu lintas masih sepi. Sehingga, kecelakaan tunggal itu tak mengenai kendaraan lain. Korban luka-luka pun tak ada. Hanya kerusakan pada bodi sebelah kiri truk engkel.

Sekitar pukul 11.00, truk berhasil dikembalikan ke posisi semula. Selanjutnya, truk diamankan ke Poslantas Pandaan.

“Kejadian ini murni kecelakaan tunggal, bisa dikatakan karena kelalain sopir. Bukan faktor teknis kendaraan,” katanya. (zal/hn)