Hasil Laut Melimpah Dijadikan Kerupuk Ikan di Desa Pasinan

Mayoritas warga Desa Pasinan, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan, menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian. Namun, sektor usaha kecil dan menengah (UKM) di desa ini cukup berkembang. Di antaranya olahan kerupuk ikan.

FAHRIZAL FIRMANI, Lekok

Tingginya angka kemiskinan di Desa Pasinan, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan, mendapatkan perhatian utama dari pemdes setempat. Pemdes terus berupaya mendorong perekonomian warganya. Salah satunya melalui pengembangan UKM.

Kades Pasinan Ali Wafa mengungkapkan, perekonomian Desa Pasinan sangat sulit dan jauh tertinggal dibandingkan desa lainnya di Kabupaten Pasuruan. Mayoritas warga di desanya memilih bekerja di luar kota untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Pemdes pun terus berupaya meningkatkan potensi ekonomi warganya. Salah satu caranya, rutin menggandeng Pemkab Pasuruan untuk memberikan sejumlah pelatihan. Hasilnya, saat ini mulai banyak warga desa Pasinan yang menggeluti UKM.

“Yang paling banyak UKM pengolahan kerupuk ikan. Sebab, Lekok ini kan penghasil utama ikan di Kabupaten Pasuruan. Jadi, mudah untuk mendapatkan bahan bakunya,”ungkapnya.

Saat ini menurut Ali, ada 50 kepala keluarga (KK) di desanya yang membuat olahan kerupuk ikan. Rata-rata hasilnya dijual ke warga setempat dan warga Kecamatan Lekok.

Kerupuk ikan ini dijual dalam ukuran bermacam-macam mulai 200 gram sampai 1 kilogram. Ikan yang digunakan biasanya ikan kakap, tengiri, dan udang.

Harga yang ditawarkan pun bervariasi, bergantung pada jenis dan ukurannya. Yakni, mulai Rp 8.000 sampai Rp 25.000. Namun, kerupuk ikan di desa Pasinan biasanya dijual secara mentah.

“Keunggulan dari kerupuk ikan di desa kami itu, dijual mentah. Jadi, pembeli bisa kapan saja menggoreng, tanpa harus khawatir kerupuknya melempem,” jelas Ali.

Menurutnya, Pemdes bakal terus rutin memberdayakan warga di desanya. Terutama kalangan ibu-ibu. Tujuannya, agar perekonomian mereka terangkat dan bisa bekerja mandiri. Tidak selalu bergantung pada suami.

“Itung-itung UKM ini bisa digunakan untuk membantu perekonomian keluarga. Terutama yang penghasilannya tidak menentu,” terangnya. (fun)