Ajukan 444, Kuota CPNS Pemkot Probolinggo 124 Kursi, Ini Formasinya

MAYANGAN – Harapan Pemkot Probolinggo untuk merekrut 444 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), harus ditahan. Sebab, Pemerintah Pusat hanya menyetujui Pemkot Probolinggo merekrut 124 CPNS.

“Dari 444 formasi yang diajukan oleh Pemkot Probolinggo, yang disetujui hanya 124 formasi saja,” ujar Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Probolinggo Rachmadeta Antariksa, Senin (10/9).

Dari 124 formasi itu, mayoritas untuk tenaga guru dan tenaga kesehatan. Dengan rincian, 50 kursi untuk guru dan 35 kursi untuk tenaga kesehatan. “Sedangkan lainnya, 12 formasi untuk honorer K-2 dan 27 formasi untuk tenaga teknis,” ujar Deta.

Formasi untuk guru itu, masih terbagi menjadi empat. Meliputi, guru berijazah S-1 PGSD sebanyak 20 orang; guru agama 18 orang; guru pendidikan jasmani 2 orang; serta guru bahasa Indonesia dan sastra 10 orang. “Untuk tenaga kesehatan, 13 orang dokter umum; 18 perawat; laborat kesehatan 2 orang; dan dokter spesialis 2 orang,” jelasnya.

Dokter spesialis yang dibutuhkan ini masing-masing satu orang untuk dokter spesialis jiwa dan dokter spesialis rehabilitasi medik. “Detail pendaftarannya masih akan dirapatkan di BKN Provinsi Jawa Timur, Rabu besok,” ujarnya. (put/rud)