Lagi, Amankan Buron Pencurian Motor di Puskesmas Pajarakan

KRAKSAAN – Satu per satu pencuri motor di Puskesmas Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, dibekuk. Senin (10/9), Satreskrim Polres Probolinggo membekuk satu tersangka lagi, Bambang Harianto, 30, warga Desa Roto, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo.

Kini, ia ditahan di Mapolres Probolinggo bersama rekannya, Heri Iswanto, 31. Heri merupakan tersangka asal Desa Sukokerto, Kecamatan Pajarakan, yang berhasil dibekuk polisi, Sabtu (8/9) lalu.

Kasat Reskrim Polres Probolinggo AKP Riyanto mengatakan, hasil pengembangan dari tersangka Heri, pencurian motor di Puskesmas Pajarakan, dilakukan oleh empat orang. Salah satunya, tersangka Bambang yang kemudian dibekuk di rumahnya, sekitar pukul 03.00.

“Tersangka saat ditangkap tidak melakukan perlawanan. Dia langsung kami gelandang ke Mapolres untuk pengembangan lebih lanjut. Kini, kami masih memburu dua pelaku yang masih buron,” ujar Riyanto.

Riyanto mengatakan, sama dengan Heri, Bambang dibekuk karena terlibat tiga kasus pencurian motor. Dua kasus di tempat parkir Puskesmas Pajarakan dan satu lagi di kantor Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Pajarakan.

“Tersangka ini mencuri motor bersama tersangka Heri dan dua pelaku yang kini masuk DPO (daftar pencarian orang),” ujarnya.

Diketahui, sebelumnya ada tiga laporan kasus pencurian kendaraan bermotor yang diduga dilakukan kawanan tersangka Bambang dan Heri. Pertama, sepeda motor Honda Vario bernopol N 6803 QR. Motor ini hilang pada 16 Maret 2017. Kemudian, pada 22 Maret 2017, hilang motor Yamaha Mio putih bernopol N 2157 QL.

Terakhir, pada 11 April 2017. Saat itu, giliran sebuah sepeda motor Yamaha Mio bernopol N 6046 QF yang dimaling. Nah, tiga motor ini diduga dilakukan kawanan Bambang dan Heri.

“Tersangka dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan. Ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara,” ujar Riyanto. (mas/rud)