Sabana Bromo Kembali Dilalap Api, tapi Cepat Diantisipasi

SUKAPURA-Si jago merah kembali melalap sabana kawasan Gunung Bromo, Rabu siang (12/9). Namun, berbeda dengan sebelumnya kebarakan kali ini cepat teatasi. Sehingga, api yang membakar padang sabana itu tidak sampai menghanguskan berhektare – hectare area.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo menyebutkan, kebaran itu terjadi sekitar pukul 10.30 WIB. Diduga api pertama kali muncul lantaran merembetnya kebarakan yang ada di tebing sekitar lokasi. Namun, tidak sampai meluas, api berhasil dijinakan oleh para petugas yang memang telah standby.

Sarmin, Kasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Wilayah I mengatakan, kebakaran kali ini tidak sebesar beberapa hari lalu. Sebab, saat titik api pertama kali muncul sudah bisa diatasi oleh petugas.

“Kecil sekali. Untuk kebarakan kali ini yang terdampak hanya 3 ¼ hektare saja. Jadi tidak sampai menghanguskan satu hektar sudah bisa diatasi,” terangnya.

Sarmin menjelaskan, teratasinya kebaran yang ekmarin itu terjadi berkan penjagaan di sabana yang diperketat. Pihak TNBTS dilokasi telah menempatkan beberapa petugas. Selain itu juga ada dua mobil yang memang distanbaykan guna mengantisipasi kebakaran yang masih bisa terjadi.

“ini kan memang sudah kering, jadi mudah terbakar. Petugas tentunya akan kami siagakan terus agar bisa menanggulangi kebakaran itu. Untuk hujan sendiri masih belum bisa dipastikan,” terangnya. (sid/mie)