Puluhan Reklame Liar di Pohon Dilepas Karena Melanggar Aturan

PANDAAN – Masih saja ada yang memasang reklame di pohon. Puluhan reklame itu pun dicopot petugas Satpol PP Kabupaten Pasuruan, Rabu (12/9) pagi. Mulai ukuran kecil hingga sedang.

Semuanya ditempel di pohon di sepanjang jalan kabupaten jurusan Pandaan – Bangil. Masuk Kelurahan Kutorejo dan Desa Kebonwaris, Kecamatan Pandaan.

Bukan hanya sekali ini Satpol PP menertibkan puluhan reklame di pohon. Penertiban ini dilakukan rutin. Termasuk, Rabu pagi (12/9), pukul 08.00 sampai 10.00. Namun, tetap saja banyak reklame yang dipasang di pohon.

Didik Febriyanto, staf tibum di Satpol PP Kabupaten Pasuruan menjelaskan, semua reklame yang dicopot tidak berizin. “Penertiban ini kami lakukan karena reklame dipasang di pohon. Selain bukan pada tempatnya, juga tidak berizin,” tuturnya.

Selama penertiban, petugas dengan mudah mencopot semua reklame di pohon. Memang butuh waktu lama, sekitar dua jam. Sebab, jumlahnya puluhan. Sementara petugas mencopot semua reklame menggunakan alat manual.

Didik menyebut, penertiban tidak hanya dilakukan di Kutorejo dan Kebonwaris. Namun, juga di wilayah lain di Pandaan. Sebab, diduga masih banyak reklame liar di Pandaan. Bahkan, diperkirakan penertiban di lapangan butuh waktu hingga dua sampai tiga hari ke depan.

“Hasil operasi yang kami lakukan, semua reklame kami sita dan diamankan di Mako Satpol PP di Raci. Karena melanggar perda,” bebernya. (zal/fun)