Proyek Jembatan Randumerak: Rampung Pasang Tiang Pancang Sisi Barat

TERUS DIGARAP: Pembangunan Jembatan Randumerak, di Kecamatan Paiton, terus digarap. Sampai Jumat (14/9), pembangunannya diperkirakan sudah mencapai 20 persen lebih. (Arif Mashudi/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PAITON – Pembangunan jembatan Randumerak, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, terus dikebut. Sampai Jumat (14/9), pengerjaan jembatan nasional ini secara umum diperkirakan sudah mencapai lebih dari 20 persen.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jalan Nasional wilayah Probolinggo-Situbondo Andhika Tommy Ardiansyah mengatakan, pekerja berusaha mengebut pembangunan jembatan ini. Perkembangan terakhir, tiang pancang jembatan untuk sisi barat telah rampung dipasang.

Tommy mengatakan, sejauh ini tiang pancang yang dipasang ada 15 unit. Belasan tiang pancang ini dipasang di sisi barat jembatan. Kini, pihaknya tengah menyiapkan pemasangan tiang pancang sisi timur. “Kami kerjakan dulu sisi barat. Tapi, sisi timur juga sambil dikerjakan,” katanya.

Soal progres terkini yang sudah dicapai, Tommy mengatakan, sejauh ini pembangunan jembatan ini diperkirakan secara umum sudah mencapai lebih dari 20 persen. Ia mengaku, di awal kontrak pengerjaan jembatan ini sempat terbentur dengan bulan puasa Ramadan. Sehingga, selama sebulan penuh tidak dapat menggarap sama sekali.

Namun, Tommy mengaku tetap optimistis pengerjaan proyek ini rampung sesuat target. Yakni, akhir tahun ini. “Proses dan tahapan pengerjaan yang membutuhkan waktu itu bagian struktur bawah jembatan. Karena sebagai penyangga dan kekuatan pada jembatan itu,” ujarnya.

Diketahui, Jembatan Randumerak, Kecamatan Paiton, di Jalur Pantura, Kabupaten Probolinggo, diperbaiki. Pembangunan Jembatan Randumerak sisi selatan ini merupakan lanjutan dari pembangunan jembatan sisi utara yang digarap pada 2015.

Saat itu, pembangunan jembatan sisi utara dialokasikan anggaran sekitar Rp 13 miliar. Jembatan sisi selatan ini akan dibuat sama dengan jembatan sisi utara. Panjang dan lebarnya hampir sama dengan jembatan sisi utara. Yakni, sepanjang 40 meter dengan lebar 7 meter. (mas/rud/mie)