Tronton Muatan Galon Alami Rem Blong, Tabrak Delapan Kendaraan di Pandaan

PANDAAN – Ruas jalan nasional jurusan Malang-Surabaya di Pandaan mengalami kemacetan Minggu pagi (16/9). Ini disebabkan adanya laka karambol yang terjadi di simpang empat Patung Sapi, Desa Tawangrejo, Kecamatan Pandaan sekitar pukul 07.30 pagi.

Tak tanggung-tanggung kecelakaan melibatkan delapan kendaraan sekaligus. Antara lain tronton nopol W 9178 NH muat galon air mineral dan truk tangki air nopol N 9351 UT. Kemudian mobil Honda Brio nopol N 1528 CR, Daihatsu Gran Max nopol W 796 BE dan motor Honda CB 150 R nopol AG 5888 HX. Lalu dua mobil Daihatsu Xenia nopol L 1446 PF dan nopol W 1667 BL, serta Toyota Innova nopol N 1802 VE.

“Tronton mengalami rem blong, sehingga menabrak kendaraan secara beruntun di depannya tepat saat posisi berhenti di simpang empat Patung Sapi. Terdiri dari satu truk tangki air, lima mobil dan satu motor,” terang Kanit Lantas Polsek Pandaan Iptu Supriyanto.

Laka karambol ini berawal tronton berjalan dari arah selatan ke utara di lajur kiri muatan galon air mineral. Sesampainya di ruas jalan tersebut, kondisi jalan agak turunan, tiba-tiba mengalami rem blong, dan laju kendaraan ini tak dapat dikendalikan oleh sopir yakni Kutut Suntari, 60, asal Desa Kedungsolo, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo.

Alhasil, tronton menabrak sejumlah kendaraan secara beruntun, di simpang empat Patung Sapi yang berada di jalur lambat dan cepat dari arah Malang ke Surabaya. Secara bersamaan, posisi traffic light dari arah ini di simpang empat tersebut menyala lampu warna merah atau berhenti.

Tronton ini lebih dulu menabrak truk tangki air dikemudikan Endik Setyo Widodo, 37, warga Desa Sukoreno, Kecamatan Prigen. Selanjutnya tronton mengarah ke kanan, menabrak mobil Honda Brio dikendarai Agung Wibowo, 42, asal Kota Malang.

Setelah itu, tronton mengarah ke kiri lagi dan menabrak mobil Gran Max di depannya yang dikemudikan Abdurrahman, 22, warga Denpasar, Bali. Akhirnya mobil ini terdorong ke depan giliran menabrak motor Honda CB 150 R berada di depannya, dikendarai M. Mufatisal Ahkam, 27, asal Wates, Kediri. Lalu menabrak lagi mobil Daihatsu Xenia nopol L 1446 PF dikemudikan Alim Mulyono, 54, warga Kecamatan Suko, Sidoarjo dan pagar tembok di sebelah barat atau tepi jalan.

Dalam kejadian laka karambol ini, tidak ada korban jiwa. Sebaliknya hanya luka-luka saja, sebanyak empat orang. Terdiri dari tiga orang penumpang mobil Honda Brio dan satu orang pengemudi Daihatsu Xenia nopol W 1657 BL. Semua korban, sesaat setelah kejadian langsung dievakuasi dan dilarikan ke IGD RS. Mitra Sehat Medika di By Pass Pandaan. (zal/fun)