Tepergok Curi Lovebird, Pemuda asal Gunting Sukorejo Diciduk

SUKOREJO – Aksi pencurian burung jenis lovebird di Dusun Genitri, Desa Gunting, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, berhasil digagalkan warga. Minggu (16/9), warga juga berhasil mengamankan salah seorang pelaku, Taufikur Rohman, 24.

Pelaku ini merupakan warga dusun setempat yang berusaha mencuri burung milik tetangganya, Nasihin, 36. Sekitar pukul 11.30, Taufik berhasil diamankan warga sekitar setengah kilometer dari tempat kejadian perkara (TKP). Sayang, satu pelaku lainnya berhasil kabur.

“Pelaku ada dua orang. Satu orang tertangkap dan satu lainnya kabur. Yang tertangkap sudah kami amankan ke Mapolsek. Sedangkan, yang kabur bernisial NT dan masih dalam pengejaran,” ujar Kanitreskrim Polsek Sukorejo Aiptu Hariyanto.

Hariyanto mengatakan, dalam beraksi, Taufik berperan sebagai eksekutor. Sedangkan, rekannya bertugas mengawasi di luar teras rumah korban sekaligus sebagai joki sepeda motor Suzuki Spin.

“Pelaku mengaku sudah dua kali mencuri burung milik warga di desanya. Setelah beraksi, pelaku mengaku mendapat bagian dari NT yang berperan menjual burung hasil curiannya,” ujarnya.

Bersama Taufik, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya, sebuah sangkar berisi dua ekor lovebird. “Pelaku kami jerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara,” ujar Hariyanto. (zal/rud)