Jual Pil Koplo, Dua Sekawan asal Kepulungan di Gempol Diciduk

BANGIL – Kekompakan Calvin Diaz Ananda, 18 dan Puji Purwanto, 25, benar-benar tak patut ditiru. Betapa tidak, mereka kompak dalam hal pelanggaran hukum.Yakni, dengan menjadi pengedar pil koplo.

Alhasil, kedua pemuda asal Kepulungan, Kecamatan Gempol, ini harus tinggal bersama di sel tahanan. Keduanya ditangkap Minggu lalu (16/9), setelah menjual pil koplo kepada pemesan di sebuah warung yang ada di Ngerong, Kecamatan Gempol.

Kasatreskoba Polres Pasuruan AKP Nanang Sugiyono menguraikan, tersangka ditangkap sekitar pukul 18.30. Mereka ditangkap setelah petugas melakukan penyelidikan.

“Keduanya disebut-sebut sudah lama mengedarkan pil logo Y. Kami melakukan penyelidikan hingga akhirnya berhasil menangkap keduanya,” jelas Nanang.

Menurut Nanang, petugas berhasil melakukan penangkapan setelah dilakukan penyamaran. Yakni, dengan berpura-pura sebagai pembeli. Rupanya, mereka tak menyadari kalau yang memesan barang adalah polisi.

Dari penangkapan itu, petugas mengamankan sejumlah barang bukti. Di tangan Calvin petugas mengamankan 90 butir pil koplo, handphone, dan rokok. Sementara dari Puji Purwanto petugas mengamankan lima butir pil koplo dan sebuah handphone.

Gara-gara perbuatannya itu, Calvin yang tak tamat SMP ini dijerat pasal 197 subsider 196 UU RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Ancamannya, 10 tahun penjara. Begitupun dengan rekannya, Puji juga terancam hukuman sama.

“Mereka sudah 8 bulan menjadi pengedar pil koplo,” sampainya. (one/fun)