Kemenag Gelontor Rp 420 Juta untuk Bimbingan Pernikahan

PASURUAN – Untuk mencegah makin tingginya tingkat perceraian, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan meningkatkan program bimbingan pernikahan. Tahun ini dianggarkan sebesar Rp 420 juta. Dana sebesar itu ditujukan untuk menggelar 25 kali bimbingan pernikahan secara masal.

Usman, kepala Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Kemenag Kabupaten Pasuruan mengatakan, selain bimbingan pernikahan secara masal, KUA biasanya juga rutin memberikan bimbingan private bagi pasangan yang akan mendaftar pernikahan. “Biasanya berisi tentang pernikahan seperti apa, tugas dan kewajiban dan gambaran pernikahan nantinya,” jelasnya.

Namun, sejak 2017 lalu, Kemenag pusat membuat program bimbingan pernikahan khusus. Tujuannya adalah untuk mengurangi tingkat perceraian di masyarakat. Untuk bimbingan khusus ini lebih intens karena dilakukan 2 hari dan diikuti oleh pasangan-pasangan yang akan menikah.

Tahun lalu, program bimbingan pernikahan khusus ini dilakukan 25 kali. Masing-masing kegiatan diikuti oleh 12 pasangan yang akan menikah. Untuk tahun lalu anggaran dari Kemenag Kabupaten Pasuruan sebesar Rp 300 juta. (eka/fun)