Hebat, Warga Pusungmalang Sapikerep Bangun Jalan Swadaya

SUKAPURA – Merasa tidak diperhatikan, warga Dusun Pusungmalang, Desa Sapikerep, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, membangun sendiri jalan rusak di dusun setempat. Pembangunan dilakukan swadaya.

“Sudah tiga hari ini kami melakukan perbaikan ini. Sekarang sudah mencapai 50 meter. Itu kami kerjakan secara swadaya,” terang Gaguk Indra Lesmana, 25, warga sekitar.

Menurutnya, masyarakat sebenarnya sudah mengusulkan perbaikan jalan ke Pemerintah Desa Sapikerep. Namun, pemerintah desa mengaku itu adalah jalan kabupaten. Sehingga, pihak pemerintah desa tidak punya kewenangan membangun.

Selama ini memang menurutnya, tidak pernah ada pembangunan sama sekali dari pihak desa untuk memperbaiki jalan setempat. Sejak beberapa tahun lalu, hanya ada satu kali pembangunan jalan rabat beton yang panjangnya sekitar 150 meter.

“Hanya jalan sekitar 150 meter itu saja. Jadi, harapan kami semoga ada perbaikan yang bisa membantu dan mengatasi masalah yang ada di tempat kami ini, ” ungkapnya.

Indra –sapaannya- pun menyayangkan pemerintah desa yang belum juga melakukan perbaikan jalan di daerahnya. Sehingga, membuat jalan yang semula hanya mengalami kerusakan tidak cukup parah menjadi sangat parah.

“Kami sebagai warga sangat menyayangkan. Sebab, kami merasa tidak diperhatikan. Jalan kami rusah parah dan tidak dibenahi, ” ungkapnya.

Untuk mengekspresikan rasa kecewa, warga membuat iuran untuk memperbaiki jalan yang rusak. Menurutnya, jika menunggu dari pihak pemerintah maka tidak akan kunjung selesai pembangunan jalan yang diharapkan oleh warga.

Kepala Desa Sapikerep Suwandi menepis bahwa tidak pernah ada pembangunan di Dusun Pusung Malang. Ia menjelaskan, pembangunan terus dilakukan. Namun, dilakukan bertahap.

“Bohong kalau tidak ada pembangunan. Kami setiap tahun melakukan pembangunan di Pusung Malang. Mulai dari tembok penahan tanah, makadam, dan jalan rabat,” ungkapnya.

Masih menurut Suwandi, bahkan pihaknya tahun ini dan tahun depan banyak melakukan pembangunan di Pusung Malang. “Jadi, intinya itu hanya bohong. Kami tetap melakukan pembangunan terus di daerah itu,” tandasnya.

Sementara itu, Kabid Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Probolinggo Rulli Nasrulah menegaskan hal berbeda. Menurutnya, jalan desa Sapikerep merupakan jalan poros desa. Bukan jalan kabupaten.

Dan tahun ini, ada perbaikan di jalan desa tersebut. Yaitu, peningkatan jalan Desa Sapi Kerep, Dusun Ngeluh Sari. Panjangnya 219 meter, lebar 3 meter dan konstruksi rigid beton. “Pekerjaan fisik saat ini sudah 100 persen,” jelasnya. (sid/hn)