Pedagang Swadaya Perbaiki Jalan Masuk Menuju Pasar Kebonagung

PURWOREJO – Tidak kunjung diperbaikinya Pasar Kebonagung membuat sejumlah pedagang habis kesabaran. Mereka pun berinisiatif melakukan perbaikan secara swadaya. Kondisi ini tidak terlepas akibat gagalnya rehab pasar setempat melalui dana alokasi khusus (DAK).

Perbaikan ini dilakukan sejak Kamis lalu (20/9). Perbaikan menyasar jalan di pintu masuk sisi barat pasar. Maklum, jalan paving di lokasi ini rusak parah dan berlubang. Selama perbaikan, pintu masuk ini ditutup dan pengunjung tidak diperkenankan lewat pintu tersebut.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar Kebonagung, Ridho Wijaya membenarkan adanya perbaikan jalan di pintu masuk sisi barat pasar. Perbaikan ini murni swadaya dan inisiatif dari pedagang pasar setempat. Pasalnya, ruas jalan ini sangat membahayakan.

“Ya mau bagaimana lagi. Beberapa waktu lalu kami sudah mengajukan pada Pemkot dan dapat dana perbaikan dari DAK Kementerian Perdagangan. Tapi ternyata tidak jadi,” jelasnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pasuruan, Muallif Arif menyebut Pasar Kebonagung sebenarnya mendapatkan anggaran rehab dari DAK sebesar Rp 325 juta. Namun, rehab ini urung karena dinyatakan gagal lelang.

“Sebenarnya kami sudah ajukan lewat P-APBD tahun ini. Namun, jika disetujui, anggaran ini nantinya hanya untuk perbaikan dan pengecatan pagar saja,”jelas Ayik-sapaan akrabnya. (riz/fun)