Rekrutmen CPNS, Ini Lokasi Tes Bagi Peserta

PURWOREJO – Pengumuman jumlah formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Pasuruan bersama daerah lain sudah dilakukan sejak 19 September. Namun, sejauh ini jadwal pelaksanaan tesnya belum dipastikan. Yang pasti, hanya tempat pelaksanan tes yang akan dilakukan di Kota Malang.

Plt Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Pasuruan Iswahyudi mengatakan, seleksi sampai tahapan tes penerimaan CPNS di daerah tetap dilakukan Badan Kepegawaian Nasional. “Sehingga, di Jawa Timur dari BKN Pusat juga bekerja sama dengan BKN regional Provinsi Jawa Timur,” ujarnya.

Pengumuman jumlah formasi di tiap daerah dibuka sejak 19 September. Selanjutnya tahap pendaftaran administrasi oleh mulai 26 September. Namun, jadwal kepastian lama masa pendaftaran dan waktu tes masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dari BKN.

Meski dibuka di tiap daerah, pelaksanakan tesnya tidak akan dilakukan di semua kota dan kabupaten di Jawa Timur. “Untuk Jatim ada 13 titik penyelenggaraan tes CAT (Computer Assited Tes). Dan, Kabupaten Pasuruan nantinya akan ikut di Rayon Malang,” ujar Iswahyudi.

Menurutnya, dalam pelaksanaaan tes itu, Kabupaten Pasuruan akan bersama 6 daerah lain. Meliputi, Kota Pasuruan, Kota dan Kabupaten Malang, Kota Batu, Kota dan Kabupaten Blitar. Mereka dijadwalkan mengikuti di Kota Malang.

Iswahyudi mengatakan semua tes akan transparan. Sehingga, yang hasil memang dari yang terbaik. “Jadi tidak ada titip menitip, termasuk kami imbau kepada masyarakat untuk berhati-hati jika ada oknum yang mengiming-ngimingi bisa meloloskan tes dengan membayar sejumlah uang,” ujarnya. (eka/rud)