Pembangunan Konstruksi Tol Gempas Seksi 1 Tersisa 30 Persen

GRATI – Pembangunan ruas jalan Tol Gempol-Pasuruan (Gempas) seksi satu antara Pasuruan-Grati, terus dikebut. Jalan bebas hambatan sepanjang 13,65 kilometer ini direncanakan tuntas akhir tahun nanti. Sejauh ini, proses pengerjaan sudah mencapai 70 persen.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo, beberapa titik mayoritas sudah dirigid untuk permukaan ruas jalannya. Termasuk pemasangan guardrail, lampu penerangan, juga simpang susun, jembatan, saluran air, dan lainnya. “Progres pekerjaan konstruksinya tinggal 30 persen,” beber Roedi Poerwanto, humas PT Jasamarga Gempol Pasuruan.

Meskipun saat ini sisa progresnya tinggal 30 persen belum tuntas, ia tegaskan target penyelesaiannya tetap. Tidak ada perubahan sampai dengan sekarang dan akhir tahun harus sudah tuntas konstruksi fisiknya secara keseluruhan.

“Dengan sisa waktu yang ada, jelang akhir tahun, kami tetap optimistis untuk konstruksinya dapat tuntas akhir Desember besok,” ucapnya. Terkait ini, ia tegaskan cepat atau tidaknya target kontruksinya, bergantung pada proses pembebasan lahan.

Sejauh ini proses pembebasan lahan belum tuntas 100 persen. Menyisakan 74 bidang belum bebas. Dari total 2.293 bidang yang ada untuk seksi tiga ini, tersisa 30 persen dari yang belum bebas.

“Pekerjaan kontruksinya kami prioritaskan di lahan yang sudah bebas dulu. Kami optimistis sisa bidang belum bebas dapat tuntas dibebaskan di akhir bulan ini,” jelasnya. (zal/rf)