Dok!!! Praperadilan Mantan Wali Kota Suhadak Ditolak

MAYANGAN – Penyidikan kasus korupsi Gedung Islamic Centre (GIC) dengan tersangka mantan Wakil Wali Kota Suhadak, dipastikan tetap berlanjut. Itu, setelah pengajuan gugatan praperadilan Suhadak atas penetapan tersangka yang dilakukan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Probolinggo ditolak majelis hakim pengadilan negeri setempat.

Hal itu terungkap dalam sidang dengan agenda putusan yang digelar Senin (8/10). Hakim tunggal Sylvia Yudhiastika menyatakan menolak prapradilan yang diajukan Suhadak sekaligus menyatakan bahwa penetapan tersangka oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Probolinggo terhadap pemohon adalah sah.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo, sidang yang dimulai sekitar pukul 13.00 itu dihadiri oleh kedua belah pihak. Suhadak diwakili kuasa hukumnya, Novan Agus Priyanto. Sementara dari pihak Kejari Kota Probolinggo dihadiri oleh Kasi Pidsus Kejari Kota Probolinggo Ciprian Caesar.

“Memutuskan menolak semua permohonan yang diajukan oleh pemohon,” kata Sylvia Yudhiastika saat membacakan putusan.

Berdasarkan putusan tersebut, maka status Suhadak sebagai tersangka dalam dugaan kasus korupsi GIC tahap dua itu tetap sah. “Dengan hasil putusan ini, maka kami sudah bisa melakukan penyelidikan kembali. Selama praperadilan kemarin, kasus ini terhenti sementara,” ujarnya saat ditemui setelah sidang.

Sementara itu, Novan -sapaan akrabnya- menjelaskan, pihaknya masih akan berunding dengan keluarga mengenai putusan tersebut. “Masih akan kami bicarakan kepada pihak keluarga. Mungkin tadi saat menghadiri sidang, mereka belum paham betul apa yang telah diputuskan,” ujarnya.

Novan sebenarnya menyayangkan putusan itu. Menurutnya, 2 alat bukti yang diajukannya tidak menjadi pertimbangan hakim. Salah satunya, kerugian negara dalam kasus tersebut bukan disampaikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atau Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP)

“Hakim tetap berpedoman terhadap audit yang dilakukan oleh pihak swasta. Jadi, tidak berpedoman terhadap audit BPK,” ungkapnya. (sid/rf)