TPS Pemilu 2019 Bertambah Lipat Dua

KRAKSAAN – Pelaksanaan Pemilu 2019 bakal berbeda dengan Pilkada 2018. Mulai jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang bertambah lipat dua, sampai kertas suara yang harus dicoblos oleh pemilih.

Dalam Pilkada, 27 Juni, jumlah TPS di Kabupaten Probolinggo ada 1.700 TPS. Lalu, surat suara yang dicoblos hanya satu lembar saja.

Pada pemilu 2019 nanti, jumlah surat suara yang harus dicoblos oleh pemilih sebanyak 5 lembar. Sementara jumlah TPS menjadi 3.498 TPS.

Ketua KPU Kabupaten Probolinggo H.M Zubaidi mengatakan, jumlah TPS bertambah lipat dua karena jumlah surat suara lebih banyak.

Pada Pemilu 2019, menurutnya, akan ada lima surat suara. Yaitu, surat suara untuk pilpres, pileg DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI, dan DPD.

”Kalau TPS tidak ditambah, pencoblosan tidak memungkinkan rampung sehari. Karena yang harus dicoblos lima surat suara,” katanya.

Sesuai rumus pemilih, dikatakan Zubaidi, jumlah TPS di Kabupaten Probolinggo ditetapkan sebanyak 3.498 TPS. Dua kali lebih banyak dibanding TPS Pilkada. Karena itu, jumlah petugas TPS pun akan bertambah dibanding saat Pilkada.

”Soal petugas TPS atau KPPS, nanti menjelang pencoblosan. Kalau dulu 1.700 TPS butuh 15.300 KPPS. Berarti ini akan lebih banyak lagi,” terangnya. (mas/hn)