Tiga Penumpang Espass Tewas Terpanggang di Dalam Mobil usai Ditabrak Truk Boks di Gempol

GEMPOL – Insiden kecelakaan maut terjadi di jalur Malang-Surabaya tepatnya di jalan raya Kepulungan, Gempol, Senin (15/10) sore. Sebuah truk boks bernopol B 9172 D menabrak mobil Daihatsu Espass N 1708 UT hingga akhirnya mobil menabrak dump truck. Akibat tabrakan itu, mobil Espass mengalami kebakaran hingga akhirnya 3 penumpangnya meninggal dunia.

Ketiga penumpang Espass bernasib nahas itu diketahui adalah Kartopo, 50; Suharti, 50 dan M Suud, 57. Ketiganya merupakan warga Dusun Gondang, Desa Kepulungan, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan. Kartopo dan Suharti adalah sepasang suami istri. Sementara M Suud adalah sepupu Kartopo.

Sebelum terbakar di dalam mobil Espass, ketiganya sempat tergencet usai mobil menabrak dump truck. Ketiganya pun tak bisa keluar dari mobil, ketika api membakar mobil.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, kecelakaan maut itu terjadi sekitar pukul 15.00. Sore itu ketiga penumpang Daihatsu Espass hendak menuju Bangil guna berbelanja.

Petaka terjadi saat mereka melintas di di Jalan raya Kepulungan. Saat itu, mobil Daihatsu Espass melaju dari arah selatan ke utara di lajur cepat atau kanan. Mobil dikemudikan Kartopo, 50. M Suud duduk disamping kirinya, sementara Suharti duduk di tengah.

Sesampainya di ruas jalan tersebut, tiba-tiba mobil Daihatsu Espass ditabrak dari belakang oleh truk boks muatan air minum dalam kemasan yang melaju dari arah yang sama. Truk boks tersebut dikemudikan Lilik Sutarli, 52, asal Desa Jatiluhur, Kecamatan Jatiasih, Kabupaten Bekasi.

Akibat ditabrak truk boks, mobil Espass terdorong hingga sekitar 30 meter dan bagian depannya menabrak dump truk yang ada di depannya. Meski ditabrak, dump truck yang tidak diketahui nopolnya tersebut, langsung kabur kearah utara atau Surabaya.

Celakanya, saat mobil tergencet usai menabrak cump truck, saat itu juga mobil langsung terbakar. Akibatnya, tiga penumpang di dalam mobil ikut terbakar. Api bahkan turut membakar truk boks di bodi depan dan kemudi. Beruntung sopir truk boks selamat, lantaran langsung keluar sesaat setelah kejadian.

TAK BERBENTUK: Mobil Daihatsu Espass usai kecelakaan dan akhirnya terbakar. (Foto: M Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Mengetahui ada mobil dan truk boks yang terbakar, warga sekitar langsung memadamkan api di kedua kendaraan tersebut. Dengan alat seadanya dan dibantu truk tangki muat air sedang melintas, warga mencoba menyelamatkan penumpang. Sebagian ada yang menghubungi polisi.

Namun api cukup besar. Penumpang di dalamnya tak mampu diselamatkan. Baru sekitar 15 menit kemudian, api berhasil dipadamkan. Begitu api padam, ketiga korban yang ada di dalam mobil dievakuasi. Saat itu juga jasad ketiganya langsung dilarikan ke kamar mayat RS Bhayangkara, Pusdik Brimob, Watukosek, Gempol. (zal/fun)