Pemkab Punya Aplikasi E-Koperasi, Ini Manfaatnya

PANDAAN – Sedikitnya Rp 45 juta digelontorkan Dinas Kopersi dan UMKM Kabupaten Pasuruan untuk membuat aplikasi E-Koperasi. Aplikasi ini ditujukan untuk pengawasan, pemantauan dan pelaporan maksimal.

Dengan aplikasi ini, maka jumlah koperasi di Kabupaten Pasuruan yang mencapai ribuan, dapat dikontrol dengan mudah. Disamping itu, juga mengcover keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada. Saat ini, jauh dari kurang.

“Aplikasi E-Koperasi ini adalah sebuah kebutuhan, mempermudah dinas dan juga koperasi itu sendiri. Baik pengawasan, pelaporan, monitoring hingga konsultasi,” jelas Henis Widiyanto, kepala Dinkop dan Usaha Mikro Kabupaten Pasuruan.

Melalui aplikasi ini Dinkop dan Usaha Mikro memanfaatkan untuk pengawasan, monitoring sekaligus sehat atau tidaknya koperasi yang ada. Mulai dari Kopwan, Kopkar, Kopontren, KUD, KSU, KSP.

Sedangkan bagi koperasi, aplikasi ini bisa diperuntukkan untuk pelaporan dan konsultasi, sekaligus menggali informasi.

“Selama ini semuanya sudah jalan, tapi kami akui belum maksimal. Baik dinas maupun masing-masing koperasi itu sendiri. Melalui E-KTP ini paling tidak menjadi solusi bagus,” tuturnya. (zal/fun)