Sudah Punya Enam Embung, Pemkab Lirik Pembangunan di Wonorejo

BANGIL – Pemkab menginginkan adanya pembangunan embung di wilayah Wonorejo. Selain untuk konservasi alam, keberadaan embung tersebut dimaksudkan dalam penyediaan sarana irigasi bagi warga.

Kepala Dinas PU Sumberdaya Air dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan, Hanung Widya Sasangka menguraikan, perlu adanya penambahan embung di wilayah Kabupaten Pasuruan. Hal ini, untuk mengoptimalisasi ketersediaan air bagi warga. Sekaligus untuk konservasi alam.

Saat ini, sudah ada embung yang dimiliki. Keenam embung itu, tersebar di sejumlah daerah. Yakni, embung Mbiting, Desa Sukoreno, Kecamatan Sukorejo; embung Kertosari, Kecamatan Purwosari; embung Kedungbanteng, Kecamatan Rembang; embung Krikilan, Kecamtan Kejayan; embung Kalisat, Kecamatan Rembang dan embung Sanganom di Nguling.

“Kami menginginkan agar lebih banyak embung di wilayah Kabupaten Pasuruan,” kata Hanung.

Salah satu lokasi yang diliriknya, yakni di wilayah Wonorejo. Ia memandang, keberadaan embung di wilayah setempat diperlukan, untuk menunjang kebutuhan warga. Khususnya untuk sarana penyediaan irigasi.

Dikatakan Hanung, saat ini pihaknya masih melakukan survey untuk lokasi pembangunan embung. “Yang jelas, di wilayah Kecamatan Wonorejo. Desanya apa, masih kami survey terlebih dahulu,” tambah dia.

Rencananya, tahun depan pihaknya akan melakukan pengadaan. Setidaknya dibutuhkan lahan antara 4 hektar hingga 5 hektar untuk pendirian embung Wonorejo. Meski tak disebutkan rinci, anggaran yang dibutuhkan bisa mencapai miliaran rupiah. (one/fun)