Produksi Kerupuk di Desa Kalipang yang Mampu Ciptakan Lapangan Kerja untuk Warga

Produksi kerupuk di Desa Kalipang, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, cukup menggeliat. Dampak terhadap peningkatan perekonomian warga juga cukup terasa.

MUHAMAD BUSTHOMI, Grati

Sejumlah perempuan terlihat menyusun kepingan-kepingan kerupuk di atas tampah persegi panjang. Hasil adonan kerupuk beraneka warna itu diletakkan berjajar di atas tampah. Setelah tampah penuh, kemudian dibawa ke pelataran yang cukup luas.

Di sana, sudah ada puluhan tampah yang juga dipenuhi kerupuk mentah tengah dijemur di bawah terik matahari. Begitulah aktivitas produksi kerupuk saat Jawa Pos Radar Bromo mengunjungi Dusun Krikilan, Desa Kalipang, Kecamatan Grati, beberapa waktu lalu.

Sejumlah perempuan yang tengah beraktivitas pagi itu merupakan para karyawan pengusaha kerupuk, Hasan. Dia merupakan salah seorang pengusaha kerupuk yang terbilang besar di Desa Kalipang. Usaha ini telah berjalan lebih dari lima tahun. Meski sudah bertahun-tahun dan banyak pesaing, usahanya tetap eksis.

Hasan mengatakan, usahanya tetap bertahan karena pihaknya terus berupaya mempertahankan kualitas kerupuknya. Syukur, semakin tahun usaha yang dijalaninya terus berkembang. Melalui usaha ini, pihaknya juga dapat mengangkat sejumlah karyawan untuk membantunya memproduksi kerupuk. Para karyawan ini kebanyakan para tetangga dan kerabatnya.

Selain itu, pangsa pasar yang dibidiknya juga cukup terjangkau, yakni dari kalangan menengah. Beragam kerupuk yang dihasilkan, seperti kerupuk bagong, jail, dan kerupuk puli itu dijual ke pasar-pasar tradisional. Tidak jarang, puluhan kilogram kerupuk yang diproduksi setiap harinya itu juga dipasarkan oleh warga sekitar.

“Mayoritas warga kami memang memproduksi kerupuk. Meski terbilang usaha kecil, namun mampu membuka lapangan kerja. Mulai dari produksi hingga pemasaran banyak melibatkan warga sekitar,” ujar Kepala Desa Kalipang Noval Riza.

Pria yang akrab disapa Hariz itu, berharap dengan dorongan pemerintah desa dalam bentuk pelatihan juga bisa meningkatkan peluang usaha di desanya. “Harapan kami semakin banyak yang membuka usaha, sehingga lapangan kerja juga terbuka lebar. Kami juga akan memfasilitasi untuk memperlebar aspek pemasarannya,” ujarnya. (fun)