Rencana Wisata Pendidikan P3GI untuk Kota Pusaka Terancam Urung, Ini Penyebabnya

PANGGUNGREJO – Wacana Pemkot menjadikan pusat penelitian perkebunan gula Indonesia (P3GI) Pasuruan sebagai wisata pendidikan terancam urung dilaksanakan. Pemkot menyebut rencana ini sulit untuk terealisasi karena membutuhkan anggaran yang tidak sedikit.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kota Pasuruan, Suhariyanto mengungkapkan awalnya Pemkot memang berkeinginan agar P3GI dijadikan jujukan sebagai wisata pendidikan. Keinginan ini pun sempat didukung oleh wali kota Setiyono. Bahkan rencana ini sudah pernah dibahas oleh P3GI.

Keinginan ini bukannya tanpa alasan. Sebab, P3GI memiliki sejumlah aspek yang mendukung untuk wacana tersebut. Misalnya, bangunan ini merupakan salah satu cagar budaya yang didirikan zaman penjajahan Belanda.

Dari sini, siswa siswi dari sekolah di Kota Pasuruan dapat belajar banyak hal. Seperti nilai historis dari bangunan ini. selain itu, siswa jug bisa mempelajari tentang pengolahan tebu dari masa ke masa dan sarana di dalam P3GI.

“Memang ada wacana seperti itu, bahkan kami sempat mengkajinya melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang). Tapi wacana ini urung dilaksanakan,” katanya.

Kondisi ini disebabkan karena wacana ini membutuhkan perencanaan yang matang. Seperti, Pemkot harus turut mengeluarkan biaya pemeliharaan gedung setiap tahunnya. Dan sampai saat ini, belum ada pembahasan sampai ke arah ini.

“Kalau pihak P3GI sendiri menyambut positif rencana ini. Cuma ternyata banyak hal yang harus dilakukan. Seperti pembiayaannya yang tidak sedikit. Dan saat ini wacana ini ternyata menguap. Sepertinya tidak jadi,” jelas Suhariyanto. (riz/fun)