Mulai Ancang-ancang Bangun GIC, Lokasinya Fix Disini

PURWOREJO – Rencana Pemkot Pasuruan untuk memiliki Gedung Islamic Center (GIC) semakin dimatangkan. Pemkot menyebut keberadaan GIC ini sangat dibutuhkan. Pembangunannya bakal diajukan tahun depan.

Sebelum membangun, pemkot sudah mengkaji rencana ini secara matang. Bahkan, sempat melakukan studi ke daerah lain tentang GIC. Dari hasil kajian ini, diketahui jika Kota Pasuruan memang sangat membutuhkan GIC. Karena itu, Pemkot pun sudah mulai ancang-ancang untuk pembangunannya. Pembangunannya sendiri diharapkan dapat terealisasi tahun 2019.

“Rencana adanya GIC terus berlanjut. Kota Pasuruan belum memiliki GIC. Padahal, gedung ini sangat dibutuhkan. Mudah-mudahan segera terealisasi. Kalau bisa, kami ajukan tahun depan,” jelas Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kota Pasuruan Adri Joko Srijono.

Joko -sapaan akrabnya- menjelaskan, GIC ini nantinya diharapkan menjadi pusat kegiatan dari komponen masyarakat termasuk organisasi kemasyarakatan (ormas) di Kota Pasuruan. Selain itu, GIC juga berfungsi sebagai media dakwah dan studi keislaman di Kota Pasuruan.

Ia menyebut, Bappeda sudah mengkaji lokasi GIC. Lokasinya bakal dibangun di sisi barat kantor Kecamatan Gadingrejo. GIC bakal berada di satu lokasi lahan dengan gedung pusat layanan usaha terpadu (PLUT).

Rencana ini bukan tanpa alasan. Sebab, GIC ini harus berada di lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat. Kebetulan, Pemkot memiliki lahan yang bisa digunakan di dekat kantor Kecamatan Gadingrejo.

“Anggarannya belum bisa kami pastikan berapa yang dibutuhkan. Yang jelas butuh anggaran miliaran. Kami upayakan dapat terwujud tahun 2019,” ungkap Joko. (riz/fun)