Terbuka pada BPS, Pemkab Probolinggo Raih Terbaik I

KRAKSAAN- Satu lagi prestasi berhasil diraih Pemkab Probolinggo. Kali ini mendapatkan penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS). Pemkab Probolinggo keluar sebagai terbaik I Pemerintah Kabupaten/Kota dengan Kerja Sama dan Penggunaan Data BPS Kabupaten/Kota Terbaik se-Jawa Timur 2018.

Trofi penghargaan itu diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo didampingi Kepala BPS RI Suhariyanto dan diterima oleh Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari. Penganugerahan itu berlangsung pada pembukaan Statistical Capacity Building Bupati/Wali Kota se-Jawa Timur di Ballroom C Shangrilla Hotel Surabaya, Selasa (6/11).

Tantri mengatakan, prestasi ini merupakan bentuk penghargaan atas kerja sama yang telah terjalin baik dengan BPS. Khususnya, dalam pemanfaatan data-data Kabupaten Probolinggo. “Berdasarkan data-data dari BPS dapat diambil kebijakan yang tepat sesuai kebutuhan dan kondisi aktual di lapangan,” ujarnya.

Bupati dua periode ini menjelaskan, ada sejumlah kriteria yang menjadi Kabupaten Probolinggo sebagai juara. Mulai dari dirinya selaku bupati, welcome dan komitmen dengan BPS sebagai penyedia data terpercaya. Serta, pihaknya menekankan OPD-nya mendukung data yang diminta dan menyediakan data berkualitas. “Data BPS dipergunakan dalam perencanaan pembangunan di Kabupaten Probolinggo. Seperti RPJMD, RTRW, dan lain-lain. Karena data yang diminta BPS dari warga diperoleh data valid,” ujarnya.

Kepala BPS Kabupaten Probolinggo Djudjuk Widhilaksana mengatakan, data yang dirilis BPS digunakan oleh Pemkab Probolinggo dalam merencanakan berbagai program dan kegiatan. Data-data dari BPS juga digunakan sebagai bahan evaluasi program dan kegiatan yang telah dilaksanakan. “BPS dalam menjalankan tugas dan fungsinya selalu menjaga independensi, objektif, dan professional. Alhamdulillah, Pemkab Probolinggo sangat welcome,” ujarnya. (mas/rud)