Bolos, 9 Pelajar Ini Diciduk dari Jalan MT Haryono Probolinggo

MAYANGAN-Sembilan pelajar diciduk Satpol PP Kota Probolinggo, Selasa pagi (13/11) sekitar pukul 08.00. Mereka diamankan karena asyik nongkrong di jalanan saat jam pelajaran sekolah.

Ke 9 pelajar yang diciduk itu terdiri dari pelajar SMP dan SMA, SMK sederajat. Mereka diamankan dari tempat berbeda. Yakni di Gang II dan V Jalan MT Haryono, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan.

Pelajar yang seluruhnya laki-laki mengenakan seragam tersebut, dibawa ke Mako Satpol PP di Jalan Hayam Wuruk, Kelurahan Jati. Selain didata dan dibina, mereka menandatangani surat pernyataan tidak akan mengulangi lagi perbuatannya.

Selain itu, mereka dipertemukan dengan pihak sekolah. Saat ditanya petugas, mereka mengaku tidak masuk sekolah alias membolos karena terlambat dan ada yang mengaku tidak ada pelajaran alias jam kosong.

Salah seorang siswa sebuah SMKN mengaku, mereka membolos karena terlambat. Daripada tidak diizinkan masuk oleh guru pengajarnya, mereka memilih membolos.

Pihak sekolah yang sempat datang ke mako Satpol PP membenarkan, kalau siswa yang membolos adalah mereka yang datang terlambat. Pihak sekolah menyayangkan apa yang dilakukan siswanya.

Padahal, meski terlambat, siswa tetap diizinkan masuk. Apalagi, pintu gerbang sekolah tidak ditutup. “Enggak, pintu gerbang sekolah kami, tidak ditutup. Kecuali dua tahun yang lalu. Sekarang dibuka. Jadi seandainya ada siswa yang terlambat, masih bisa masuk,” ujar salah satu pengajar di SMKN yang siwanya diamankan Satpol PP karena membolos.

Saat ditanya sanksi yang akan diberikan, guru itu menjelaskan, akan memanggil orang tua atau wali murid siswa yang membolos. Selain itu, mereka juga akan diberi hukuman yang setimpal dengan perbuatannya.

Misalnya, membersihkan musala sekolah, atau salat berjamaah saat tiba waktunya. “Sanksinya seperti itu. Kami juga panggil orang tuanya, agar mengerahui kelakuan putranya,” tandasnya sebelum meninggalkan kantor Satpol PP.

Sementara itu, Hendra Kusuma, Kasi Operasi pada Dinas Satpol PP mengatakan, pihaknya berhasil mengamankan siswa bolos, berkat laporan warga.

Menurutnya, ada warga mjenghubungi salah satu petugas, kalau di Gang II dan gang V jalan MT Haryono, ada sejumlah siswa berseragam. “Usai apel pagi, kami langsung menuju lokasi. Ternyata benar, ada 9 pelajar yang kami amankan,” katanya singkat. (rpd/mie)