Kota Probolinggo Diserbu PSK Luar Daerah, 9 Diciduk di Babian

MAYANGAN-Kota Probolinggo jadi jujukan pekerja seks luar daerah. Hal itu terlihat dari razia yang digelar Satpol PP setempat, Senin malam (12/11). Sebanyak 9 pekerja seks komersial (PSK) diamankan saat mangkal di salah satu warung dekat perlintasan kereta api (KA) Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan.

Dari 9 PSK itu, semuanya bukan warga Kota Probolinggo. Tiga diantaranya, warga Kabupaten Probolinggo; 1 warga Situbondo; 2 warga Lumajang; 2 warga Jember dan 1 warga Kabupaten Pasuruan. Rentang usia PSK yang diamankan itu, mulai dari 23 tahun sampai 47 tahun.

TKP: Di warung inilah Satpol PP berhasil menciduk 9 PSK yang diduga sedang menunggu tamunya. (Satpol PP Kota Probolinggo for Radar Bromo)

Hendra Kusuma, Kasie Ops, Satpol PP Kota Probolinggo mengungkapkan, 9 PSK ini ditangkap di warung dekat rel perlintasan kereta Babian.

“Petugas menangkap PSK dengan cara menyamar sebagai pelanggan. Petugas tidak menggunakan seragam langsung menuju warung,” ujarnya.

Para PSK yang sedang menunggu di warung tidak menduga jika sejumlah orang yang diduga tamu ternyata adalah petugas Satpol PP yang menyamar.  Mereka akhirnya pasrah digiring ke Mako Satpol PP di Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo.

“Mereka sedang menunggu pelanggan. Tapi tidak ada yang kedapatan bersama pelanggan,” jelas Hendra.

Ia mengungkapkan, satpol PP tidak melakukan penahanan terhadap PSK yang diamankan. “Hanya dilakukan pembinaan agar tidak mengulang lagi. Kalau diulang lagi bisa disanksi tipiring (tindak pidana ringan), ” ujarnya.

Selain memeriksa lokasi warung di babian,  petugas Satpol PP juga memeriksa lokasi di Penangan, Kelurahan Kebonsari Wetan,  Kecamatan Kanigaran,  Kota Probolinggo.

Namun lokasi tersebut kosong dan hanya ditemukan 1 botol air mineral 600 ml dalam kondisi utuh. “Kemungkinan yg di penangan itu sudah kabur karena informasinya sudah bocor duluan, ” ujar Hendra.

Berikut inisial dan asal 9 PSK yang diciduk Satpol PP:

  1. Am (39), warga Desa Tamansari Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo.
  2. Sma (47) Desa Krucil Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo.
  3. Stb (40) Desa Jatisari Kecamatan Kuripan Kabupaten Probolinggo
  4. Ssn (23), warga Desa Semambung Kecamatan Jati Bareng Situbondo.
  5. Mny (26) Desa Jenggawa Jember
  6. Spn (48) Desa Kencong Jember
  7. Smt (34) Desa Ranuyoso Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang.
  8. As ( 33) Desa Ranuyoso, Kabupaten Lumajang
  9. Sti (30) Desa Pasrepan, Kabupaten Pasuruan. (put/mie)