Dari 5.301 Pelamar, Sudah 4.181 Peserta Tes CPNS Kabupaten Pasuruan Tak Lolos

PASURUAN – Sampai hari terakhir tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Rabu (14/11) lalu, hanya 320 peserta yang lolos passing grade dari tes Computer Assited Tes (CAT). Jumlah ini cukup minim lantaran total peserta tes yang lolos administrasi mencapai 5.301 peserta.

Dari data Badan Kepegawaian dan Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Pasuruan selain karena faktor tak lolos passing grade, hal itu juga disebabkan cukup banyak peserta yang tak hadir saat tes CAT di SMK Negeri 2 Kota Malang pada 11-14 November lalu. Tercatat dari total 5.301 peserta ada 183 yang tidak hadir ke lokasi tes.

Iswahyudi, Plt Kepala BKPPD Kabupaten Pasuruan mengatakan, dari hari pertama, BKPPD memang melihat dari hasil tes CAT sejak hari pertama minggu lalu (11/11) memang sudah terlihat bahwa peserta yang lolos memang cukup minim. Bahkan dari 345 perseksi, rata-rata hanya 16-18 yang lolos.

“Sehingga sampai kemarin rekap, dari data hanya 320 peserta yang lolos tes CAT dari passing grade,” jelasnya.

Memang dilihat dari komposisi kebutuhan 535 formasi yang dibuka tahun ini. Dari jumlah peserta yang lolos yang hanya 320 peserta. Dipastikan bahwa bakal ada formasi yang tidak akan terisi. Namun dimintai formasi-formasi mana saja yang bakal kosong dan tidak ada yang lolos, BKPPD masih belum bisa menjabarkan secara detail.

Sehingga BKPPD Kabupaten Pasuruan sendiri masih menunggu informasi dari BKN pusat apakah ada perubahan terkait standar nilai saat tes CAT lalu. Ini lantaran tidak hanya di Kabupaten Pasuruan, secara nasional nilai tes CAT banyak yang gagal sehingga peserta yang mampu lolos ke tes selanjutnya cukup minim.

Sedangkan untuk tahapan tes selanjutnya adalah tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Jika sesuai jadwal sebelumnya tertulis 22-28 November 2018. Namun jika ada perubahan termasuk lokasi dan kepastian jadwal. Diharapkan peserta tes CPNS tetap memantau informasi baik di website Kabupaten pasuruan ataupun di sscn.bkn.go.id. (eka/fun)