Agenda Sosialisasi Caleg, Wajib Ada Surat Pemberitahuan

PROBOLINGGO – Kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh calon anggota legislatif (caleg) wajib ada surat pemberitahuan. Surat pemberitahuan ini disampaikan ke Polresta dan ditembusi ke KPU dan Bawaslu.

“Sesuai yang diatur dalam PKPU dan Perbawaslu, kegiatan kampanye atau sosialisasi itu harus ada surat pemberitahuan ke polres. Jika tidak ada surat pemberitahuan, maka kami bisa menghentikan kegiatan,” ujar Azam Fikri, ketua Bawaslu Kota Probolinggo saat ditemui Jawa Pos Radar Bromo, beberapa waktu lalu.

Namun, Bawaslu tidak akan serta merta menghentikan kegiatan sosialisasi. Namun, akan berkoordinasi dengan aparat keamanan.

Surat pemberitahuan ini wajib dilakukan jika ada pengumpulan orang. Seperti pertemuan terbatas harus ada surat pemberitahuan.

“Kalau hanya silaturahmi ke rumah atau door to door itu tidak perlu. Tapi, jika ada pengumpulan orang harus ada surat pemberitahuan,” jelasnya.

Surat pemberitahuan itu mencakup jadwal pelaksanaan, pembicara serta tema materi, jumlah peserta yang diundang, dan penanggung jawab. (put/hn)