Kandang Terbakar, 3 Sapi Milik Kasat Nyaris Terpanggang

KANIGARAN-Kebakaran terjadi di jalan Lumajang, Gang Bayusari 6, RT 5/ RW 3, Kelurahan Kebonsari Wetan, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo, Senin siang (19/11). Tiga ekor milik Kasat, 60 warga setempat pun nyaris terpanggang.

Informasi yang dihimpun radarbomo.co.id, kebakaran itu terjadi sekitar pukul 13.10. Menurut Kasat, awalnya ia dibuat kaget mendengar tetangganya melihat asap hitam pekat di kandang sapi miliknya.

Kandang itu tepat berada di belakang rumahnya. Mendengar teriakan tetangga, Kasat pun langsung lari menuju kandang. Saat itu, api sudah membakar sebagian kandang hingga bagian atapnya.

Melihat tiga ekor sapinya panik kepanasan, Kasat pun langsung mengambil sabit. Ia lantas memotong ikat tali sapinya. “Langsung saya baawa lari keluar. Untung, sapinya tidak sampai terbakar juga,” akunya.

Sementara itu, warga sekitar langsung berbondong-bondong berupaya memadamkan kobaran api itu dengan alat seadanya. Petugas pemadam kebakaran pun juga dihubungi.

“Saat damkar (pemadam kebakaran) tiba, api sudah kecil. Soalnya, saat kebakaran, warga sekitar langsung berusaha untuk memadamkan api dengan alat seadanya,” terang Kasat.

Pria tua itu tidak mengetahui asal mula terjadinya api. Sebab aliran listrik sendiri menurutnya tidak ada yang korsleting. Selain itu juga tak ada bekas pembakaran sisa pakan atau yang lainya. “Saya juga tidak tahu, api muncul dari mana,” terangnya.

Kobaran api itu tak hanya menghanguskan sebagian kandang sapi Kasat. Sebagian dapur milik Misna, 40, tetangganya juga ikut dilalap api.

Ahmadi Koordinator Tgana Kota Probolinggo mengungkapkan, pihaknya menerjunkan 1 unit damkar untuk menjinakkan api. “Beruntung api langsung bisa dikendalikan. Usai lakukan pemadaman dan pembasahan, petugas langsung kembali ke posnya,” jelasnya. (rpd/mie)