24 Kelurahan di Kabupaten Pasuruan Digelontor Dana Segini Tahun Depan

PASURUAN – Mulai tahun depan, kelurahan juga akan mendapat kucuran dana seperti desa. Begitu juga di Kabupaten Pasuruan. Tahun depan, pemerintah pusat berencana menggelontor anggaran sebesar Rp 8,8 miliar untuk 24 kelurahan.

Hal itu dibenarkan Luly Noermadiono, kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Pasuruan. Dia mengatakan, bahwa sesuai dengan anggaran APBN bulan Oktober lalu, juga disediakan anggaran untuk dana kelurahan. Untuk dana kelurahan hampir sama dengan dana desa.

Namun, untuk kelurahan memang baru pertama kali ini dianggarkan di tahun 2019. “Untuk di Kabupaten Pasuruan dianggarkan sebesar Rp 8,8 miliar. Besaran ini diperuntukkan untuk 24 kelurahan yang ada di Kabupaten Pasuruan,” jelasnya.

Di Kabupaten Pasuruan sendiri, ada sebanyak 365 desa dan kelurahan. Dengan rincian 341 adalah desa yang rutin mendapatkan dana desa sejak tahun 2015 lalu. Sedangkan selama ini 24 kelurahan memang belum pernah mendapat dana dan baru mulai diberikan tahun 2019 mendatang.

Terkait juknis rincian untuk apa saja dana kelurahan, Pemkab Pasuruan masih menunggu petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan dari pusat. Termasuk regulasi yang tentu harus diikuti oleh kelurahan penerima nantinya.

Di sisi lain, Mujib Imron, wakil Bupati Pasuruan membenarkan terkait bakal adanya dana kelurahan. Bahkan, disebutkan bahwa sesuai dengan pembekalan dari Kementerian Dalam Negeri minggu lalu bahwa dana kelurahan yang diberikan rata-rata sebesar Rp 300 jutaan.

“Memang benar untuk tahun 2019 nanti, semua kelurahan yang ada akan mulai mendapatkan dana kelurahan. Di mana besarannya kurang lebih Rp 300 jutaan,” terangnya.

Bagi Pemkab Pasuruan, mulai diberikan dana kelurahan menjadi political will yang baik dari pusat. Sehingga, daerah perlu bersyukur karena mulai adanya dana kelurahan. Pemkab Pasuruan sendiri berharap dengan dana kelurahan bisa menindaklanjuti inovasi yang ada di kelurahan.

“Karena beberapa kali kelurahan selalu sama, kurang bisa menindaklanjuti inovasi. Dengan adanya dana kelurahan tahun depan, kami patut bangga dan bersyukur,” pungkasnya. (eka/fun)