Cat Ribuan Pohon dengan Motif Batik di Kota Probolinggo, Anggarannya…

PROBOLINGGO – Ribuan Pohon di sepanjang jalur pantura Kota Probolinggo dan Jalan Suroyo dicat. Pengecatan dilakukan sejak tiga pekan lalu dan diperkirakan rampung Rabu ini (21/11).

Pengecatan sendiri dilakukan atas permintaan DLH Kota Probolinggo. Seperti disampaikan Kurniawan, 40, yang mengecat pohon tersebut.

Warga Rusunawa Semeru, Kelurahan Triwung Kidul, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo itu mengatakan,

ia dihubungi DLH Kota Probolinggo untuk melukis pohon di kota. Setidaknya, ada 3 ribu pohon yang akan dilukis dalam dua tahap. Tahap pertama 1.500 pohon dan 1.500 sisanya masuk tahap kedua.

“Sekarang yang telah dicat itu yakni di Jalan Panglima Sudirman sampai Randu Pangger, Jl Sutomo dan Suroyo, serta Jl. Moh Saleh. Pelaksanaannya sudah sejak tiga minggu lalu dan diperkirakan tahap satu ini selesai besok,” terangnya.

Kurniawan tak sendiri mengecak pohon-pohon itu. Dia melaukannya bersama Wahyu Hidayat, 21 dan Ibnuardani 22, warga Kelurahan Ketapang.

Kepala DLH Kota Probolinggo Budi Krisyanto menyebut, pengecatan pohon sudah menjadi program kegiatan setiap tahun. Kali ini pohon dicat dengan motif batik. Tujuannya, sebagai penguat bahwa Kota Probolinggo mempunyai potensi kesejahteraan yang besar lewat batik.

Adapun anggaranya sekitar Rp 50 juta. “Untuk pengecatan pohon sesuai kemampuan anggaran. Jadi, tidak bisa menjangkau seluruh pohon peneduh di Kota Probolinggo,” terangnya. (rpd/hn)