Eks Gedung Pemkab di Dringu Bakal Jadi Mall Pelayanan Publik

KRAKSAAN – Mall Pelayanan Publik (MPP) Pemkab Probolinggo ditarget bisa di-launching minggu ketiga bulan depan. Namun, sejauh ini pengerjaan perbaikan bakal gedungnya belum rampung. Karenanya, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman (Perkim), dan Pertanahan Kabupaten Probolinggo meminta rekanan mengebut garapannya. Tergetnya, rehab gedung eks kantor Pemda itu rampung awal bulan depan.

Rupanya, permintaan Dinas Perkim itu diamini pihak rekanan. Karenanya, proyek senilai sekitar Rp 1,3 miliar itu digarap siang dan malam. Rabu (21/11) malam, terlihat sejumlah pekerja menggarap perbaikan gedung di Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, itu.

Kepala Dinas Perkim Kabupaten Proboliggo Dony Adianto mengatakan, MPP akan di-launching minggu ketiga bulan depan. Karenanya, pada minggu pertama bulan depan gedung dan fasilitas lainnya harus sudah siap. “Rehab sedang berlangsung. Kami rencanakan akhir bulan ini atau paling tidak minggu pertama Desember sudah selesai,” ujarnya.

Karenanya, kata Dony, pihaknya meminta pihak rekanan mengebut pengerjaan perbaikan gedung bekas kantor Pemkab Probolinggo itu. Perbaikan ini ada perubahan total bagian wajah tengah gedung untuk MPP. Sedangkan, bagian dalam gedung direhab total dengan penambahan interior.

“Kalau bagian luar sisi timur dan barat gedung eks Pemkab tidak diubah sama sekali. Kami rehab bagian tengahnya saja supaya penampilan menjadi gedung MPP,” ujarnya.

Soal nilai anggaran rehab yang disiapkan untuk MPP, Dony mengaku telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp 1,3 miliar dari Perubahan APBD 2018. Anggaran ini untuk perbaikan bagian dalam dan luar. Termasuk, menambah sekat-sekat gedung. “Anggarannya sekitar Rp 1,3 miliar. Itu rehab bagian luar dan dalamnya,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Probolinggo Hadi Prayitno mengatakan, MPP ditarget bisa di-launching bulan depan. Karenanya, mulai minggu pertama bulan depan pihaknya meminta semua dinas vertikal dan OPD melakukan orientasi ke lokasi. “Nanti semua pelayanan perizinan di Kabupaten Probolinggo ada di MPP itu. Termasuk kami meminta Polres, pelayanan perpanjangan SIM juga bisa di MPP,” ujarnya. (mas/rud)