Temukan Timbangan Curang, Ini Saran Polres Probolinggo Kota

MAYANGAN – Polres Probolinggo Kota (Polresta) minta pembeli langsung melapor, jika ada pedagang yang mencurangi timbangan. Penegasan ini disampaikan setelah Satgas Pangan Kota Probolinggo menemukan dua pedagang buah yang timbangannya tidak sesuai, Kamis (22/11).

Kapolresta AKBP Alfian Nurrizal menegaskan, pihaknya tidak bisa melakukan tindakan jika tak ada laporan. Namun, sebelum ada laporan, pihaknya berencana mengumpulkan pedagang untuk memberikan sosialisasi.

“Nanti kami sosialisasikan agar pedagang tidak melakukan kecurangan. Selain itu, jika memang ada pembeli yang merasa dirugikan, bisa langsung saja melapor,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan, dan Perindustrian (DKUPP) Kota Probolinggo Gatot Wahyudi menyebut, pihaknya akan terus sidak, juga sosialisasi pada pedagang. Tujuannya, agar tidak ada kecurangan dalam timbangan.

Jika ke depan masih ditemukan kecurangan, maka pihaknya akan memberikan teguran. Mengingat DKUPP tak bisa memberikan sanksi.

“Kalau sanksi belum, kami beri peringatkan. Selain itu, juga kami sosialisasikan agar konsumen membeli pada penjual yang jujur. Artinya, jika ditemukan kecurangan, segera laporkan pada kami untuk kami tindak lanjuti,” ujarnya. (rpd/hn)