RSUD dr Soedarsono Fungsikan Gedung CSSD, Seperti Ini Penampakannya

STERIL: Kondisi di dalam gedung Central Sterilization Supply Department milik RSUD dr R Soedarsono. Gedung ini mulai beroperasi sejak akhir Oktober. (Fahrizal Firmani/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PURWOREJO – Keinginan masyarakat agar peralatan kesehatan yang digunakan pada pasien di RSUD dr Soedarsono Kota Pasuruan tetap dalam keadaan steril, terwujud. Rumah sakit pelat merah ini mulai memfungsikan gedung Central Sterilization Supply Department (CSSD) yang dibangun dengan anggaran Rp 690 juta melalui dana alokasi khusus (DAK).

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD dr. Soedarsono Kota Pasuruan dr. Tina Soelistiani mengungkapkan, gedung CSSD ini difungsikan sejak 22 Oktober lalu. Fasilitas ini diperuntukkan menjaga peralatan kesehatan di RSUD agar tetap steril dan terjamin kebersihannya.

Untuk itu, dalam gedung ini sudah tersedia tiga mesin sterilisasi untuk bahan logam dan karet. Serta, satu mesin sterilisasi untuk bahan plastik. Sterilisasi ini harus dilakukan setiap 24 jam sekali untuk menjaga mutu peralatan kesehatan dari kuman dan bakteri.

“Kalau bahan logam itu harus disterilisasi dalam suhu mencapai 120 derajat Celsius. Sementara yang berbahan plastik sekitar 50 derajat Celsius. Agar pelayanan lebih maksimal, maka mesin sterilisasi untuk yang logam lebih banyak,” jelasnya.

Tina menjelaskan, gedung CSSD ini memiiki sembilan petugas. Rinciannya, satu petugas bertindak sebagai kepala CSSD. Sisanya bertindak sebagai staf yang dibagi dalam dua shift jaga yakni pagi dan sore. Khusus kepala CSSD ini adalah lulusan kesehatan, baik itu dokter, bidan, ataupun perawat.

“Yang paling penting itu kepala CSSD itu harus menempuh pelatihan sterililisasi. Sebelumnya, untuk mensterilkan alat di bagian masing-masing. Sekarang menjadi lebih maksimal untuk mendukung akreditasi,” ungkap Tina. (riz/fun)