Sopir Sayur asal Sumber Ini Urunan Beli Sabu, “Pesta” di Mobil

KRAKSAAN – Kasus peredaran dan penyalahgunaan narkotika jenis sabu-sabu di Kabupaten Probolinggo, masih marak. Dalam sepekan terakhir, Satreskoba Polres Probolinggo mengamankan tujuh tersangka kasus narkoba.

Dari tujuh tersangka itu, empat di antaranya terjerat kasus narkotika. Di antaranya, ada sopir sayur dan dua temannya yang terbiasa pesta sabu di mobil.

Mereka sama-sama warga Desa/Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo. Yakni, Wayan Hadi Suyatman, 29; Sutrisno, 26; dan Lastoyo, 23. Mereka dibekuk di tepi Jalan Raya Kecamatan Kuripan, Kabupaten Probolinggo, Sabtu (24/11).

Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurnianto mengaku, dalam sepekan membekuk tujuh pelaku penyalahgunaan narkoba. Di antaranya, empat tersangka kasus narkotika dan 3 tersangka tanpa izin mengedarkan sediaan farmasi. “Setelah diamankan, ketiga tersangka yang ada di dalam satu mobil pikap itu positif mengonsumsi narkoba jenis sabu,” katanya.

Eddwi mengatakan, para tersangka ini dari mengangkut sayur dari Sumber untuk dikirim ke Surabaya. Di Surabaya mereka urunan membeli sabu dan dikonsumsi bersama-sama di mobil.

“Mereka biasa konsumsi sabu bersama-sama di mobil. Kadang di rumah salah satu tersangka,” ujarnya.

Dari tangan tersangka, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya ada sabu seberat 0,47 gram dan seperangkat bong. Kini, mereka dijerat dengan pasal 112 ayat (1) subsider pasal 132 ayat (1) subsider pasal 127 ayat (1) huruf (a) Undang-Undang Narkotika. Ancaman hukumannya maksimal 15 tahun penjara.

Wayan salah satu pelaku mengaku mulai mengonsumsi sabu sejak sekitar 3 bulan lalu. Namun, sejak saat itu, ia hanya tiga kali mengonsumsi.

Pertama dirinya mengonsumsi sendiri. Namun, terakhir ini mengonsumsi bersama dua rekannya dengan cara urunan. “Saya pakai sabu biar tidak ngantuk,” ujar bapak dua anak itu. (mas/rud)