Malam Ini Gelar Penganugerahan MBS Award 2018

MAYANGAN – Kamis malam (29/11) akan menjadi malam spesial bagi puluhan SD dan SMP di Kota Probolinggo yang menjadi nominasi Anugerah Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Award 2018.

Sebab, akan digelar penganugerahan bagi sekolah setelah melalui serangkaian penjurian. Rabu (28/11), panitia event gelaran Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kota Proboliggo ini masih sibuk mempersiapkan kegiatan ini.

Mereka berusaha merampungkan segala persiapan yang masih kurang. Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikpora Kota Probolinggo Budi Wahyu Riyanto mengatakan, persiapan Malam Penganugerahan MBS Award 2018 sudah mencapai 90 persen. “Lancar, tidak ada kendala dalam proses pesiapan ini,” ujarnya.

Budi mengatakan, pihaknya hanya mempersiapkan kedatangan para undangan. Serta, persiapan mengenai awarding yang akan digelar di Orin Hall & Resto di Jalan Panjaitan, Kota Probolinggo. “Hanya tinggal finishing saja. Jadi, intinya acaranya siap digelar,” ujar mantan kepala SMPN 1 Kota Probolinggo itu.

Selain sekolah nominasi, acara ini akan dihadiri sejumlah pejabat di lingkungan Pemkot Probolinggo. Menurut Budi, di antaranya ada Wali Kota Probolinggo Rukmini; Sekda Pemkot Probolinggo Bambang Agus Suwignyo; dan Ketua DPRD Kota Probolinggo Agus Rudianto Ghofur.

Selain mereka, para staf di Disdikpora juga dipastikan hadir. Begitu juga dengan para Kepala SD dan SMP se-Kota Probolinggo.

“Undangan sudah kami sebar semua. Tidak ada kendala dan bisa hadir di lokasi besok (nanti malam). Acaranya dikemas penganugerahan kepada sekolah yang memang berhasil menerapkan MBS,” ujarnya.

Diketahui, Disdikpora Kota Probolinggo kembali menggelar Anugerah MBS Award 2018. Kali ini, kegiatan ini ditekankan pada peningkatan mutu pembelajaran.

Lembaga tingkat SD dan SMP di Kota Probolinggo mendapatkan penilaian terhadap penerapan manajemen sekolah. Terutama, berkaitan dengan mutu pembelajaran di sekolah.

Dalam Anugerah MBS Award 2018, ditekankan pada peningkatan mutu pendidikan. Terutama, dalam kegiatan pembelajaran. Dalam kegiatan ini, ada 113 peserta dari jenjang SD dan SMP. Dari jumlah itu, telah terpilih 15 nominasi dari jenjang SD dan 9 nominasi dari tingkat SMP. Masing-masing akan dipilih 9 terbaik untuk tingkat SD dan 6 terbaik untuk SMP.

Untuk menentukan terbaik itu, sejak 12-27 November, tim juri telah mengunjungi sekolah-sekolah yang masuk nominasi. Tujuannya, mengecek langsung proses belajar mengajar di setiap sekolah. Serta, melihat kondisi fisik dan dokumen sekolah. Nah, nanti malam akan diumumkan para juaranya. (sid/rud)