Pria Asal Rembang Curi Barang Tetangga untuk Senang-senang di Tretes

REMBANG – Serapat-rapatnya menutupi bangkai, baunya pasti akan tercium juga. Begitulah, setidaknya peribahasa yang cocok untuk menggambarkan apa yang dilakukan Dofir, 30, warga Pandean, Kecamatan Rembang ini. Betapa tidak, meski sudah berusaha menutup-nutupi, aksi kejahatannya tercium juga.

Ia pun diringkus anggota Polsek Rembang, setelah terbongkar kedok pencurian yang dilakukannya. Sasarannya, tak lain adalah tetangga di kampungnya, Arifin, 48.

Tersangka diringkus anggota Unitreskrim Polsek Rembang, Kamis (29/11). Penangkapan tersebut bermula, dari hilangnya barang-barang milik korban. Aksi pencurian itu dilakukan tersangka 7 September lalu. Tersangka masuk rumah korban dengan cara merusak jendela. Setelah itu, ia mengambil sejumlah barang berharga milik korban.

Selain menggondol sebuah BPKB dan STNK mobil Avanza, ia juga membawa tiga buah BPKB motor. Tak hanya itu, tersangka juga menggarong sebelas buah gelang emas dan sebuah kalung emas. Serta liontin dan uang tunai sebesar Rp 3 juta.

“Setelah berhasil melakukan aksinya, tersangka kabur melalui jalan yang sama,” terang Aiptu Hariyanto, kanit reskrim Polsek Rembang.

Ts kejadian itu, korban melapor ke polisi. Polisi lalu menyelidiki dan berhasil meringkus Dofir di rumahnya, sekitar pukul 11.00. “Kami kemudian menggelandangnya ke Mapolsek Rembang untuk pemeriksaan,” urainya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan itu, diketahui kalau tersangka bukan hanya sekali melancarkan aksi. Setiap usai beraksi, ia pergi ke Prigen untuk menghabiskan hasil curiannya untuk senang-senang.

“Kami masih mendalami TKP kejahatan tersangka. Yang jelas, ia beraksi sendirian. Usai mendapatkan mangsa, biasanya ia pergi ke Tretes,” pungkasnya.

Karena perbuatannya itu, tersangka dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Ancamannya, tujuh tahun penjara. (one/fun)